Peristiwa

5 Hal Aneh dari Penampilan Kim Jong Un di Singapura

Pertemuan bersejarah antara Kim Jong Un dan Donald Trump di Singapura, Selasa (12/6/2018), masih saja jadi bahan pembicaraan dunia.

5 Hal Aneh dari Penampilan Kim Jong Un di Singapura

Google Berita – Pertemuan bersejarah antara Kim Jong Un dan Donald Trump di Singapura, Selasa (12/6/2018), masih saja jadi bahan pembicaraan dunia.

Tak hanya soal isi perjanjian yang ditandatangani dua seteru yang tiba-tiba bersahabat ini, tapi juga soal hal di luar itu.

Gaya berbusana Kim Jong Un misalnya, jadi perbincangan tersendiri. Menurut para pengamat, ada 5 kaanehan yang bisa ditangkap dari gaya berbusana Kim.

Dikutip dari Al Arabiya, pengamat meyakini, keanehan ini merupakan simbol dari sesuatu yang ingin diutarakan Kim, bahwa ia telah berubah. Apa saja?

1. Baju khas Mao

Di Singapura, Kim memakai baju khas Mao, atau yang orang sebut Mao-style suit. Pakaian ini sebelumnya dipopulerkan oleh pimpinan komunis asal Tiongkok, Mao Zedong.

Baju yang dipakai Kim, membuat ramalan media meleset. Sebelumnya, media memperkirakan Kim akan tampil dengan busana tuxedo, atau jas berdasi khas barat, untuk mencerminkan bahwa dia telah berubah dan menyambut hubungan terbuka dengan dunia barat.

Hal ini sudah dilakukan Kim pada saat Olimpiade musim dingin lalu. Tapi ternyata Kim masih memilih setelan Mao kebanggaannya. Pengamat menyebut, Kim ingin menunjukkan, meski berubah, tapi Korut tetap memakai identitas negara sosialis.

2. Pin

Pimpinan negara biasanya akan memakai pin lambang atau bendera negara. Kalau diperhatikan, Donald Trump memakai pin bendera Amerika Serikat di jasnya. Nah, Kim ternyata tak memakai satu pun pin berlambang negara.

Bahkan, ia juga menanggalkan pin foto dua ‘orang suci’ Korut, yakni Kim Jong Il (ayah Kim JOng Un) dan Kim Il Sung (kakek Kim Jong Un).

Padahal, setiap pejabat dan warga Korut, biasanya selalu memakai pin ini di setiap tugas yang dianggap mewakili negara.

Pengamat mengatakan, Kim ingin menunjukkan, ia ingin Korut lepas dari bayang-bayang ayah dan kakeknya. Di Singapura, Kim memang mengakui, Korut susah maju karena terbelenggu oleh masa lalu.

3. Tinggi Badan

Tinggi badan resmi Kim Jong Un adalah 170 centimeter, sehingga mestinya sekitar 20 centimeter lebih pendek dari pada Donald Trump.

Tapi, ketika Kim berfoto di sisi Trump di Singapura, perbedaan tinggi keduanya terlihat tak jauh. Media Korsel, seperti biasa nyinyir dengan penampilan Kim Jong Un.  Mereka menuding Kim memakai alat khusus di sepatu, sehingga tinggi badannya bisa bertambah.

Nah, tahukah anda, ayah Kim, yakni Kim Jong Il, dikenal suka ‘menambah’tinggi badan dengan cara memakai sepatu khusus, dan gaya rambut jambul sehingga terkesan ia lebih tinggi.

4. Gaya Rambut

Saat bertemu Trump, Kim memakai potongan rambut model sisir belakang, dengan model sisi dikepras rapi.

Pakar menyebut, model ini meniru rambut kakek Jong Un, yakni Kim Il Sung, yang mendirikan Korut di tahun 1948. Dalam sejarah, Kim Il Sung bisa membuat rakyat Korut hidup makmur.

Sementara, Kim Jong Il, yang meneruskan, membuat Korut jatuh miskin seperti saat ini. Kim diduga lebih menghormati sang kakek ketimbang ayahnya.

5. Kacamata

Belakangan ini, Kim Jong Un makin sering memakai kacamata. Kim juga memakai kacamata saat bertemu Trump.

Pada Maret lalu, tayangan televisi menunjukkan Kim memakai kacamatanya ketika membaca surat dari Presiden Korsel, Moon Jae-in.

Media Korsel menduga, penglihatan Kim mulai terganggu karena diabetes menyerangnya. Kim Jong Un diduga mengalami rabun jauh.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of