Teknologi

5 Cara Hapus Akun DANA Dompet Digital / Menonaktifkannya

DANA, salah satu aplikasi e-wallet yang kini banyak dipakai oleh pemuja keringkasan dalam kegiatan jual beli. Pasalnya, dengan aplikasi ini pengguna tidak perlu menyodorkan uang ketika membeli sesuatu. Namun, jika aplikasi tidak terpakai, maka harus menerapkan cara hapus akun DANA.

Pasalnya, aplikasi yang menganggur dan tidak digunakan ini nantinya akan memenuhi space di smartphone serta rentan terkena tindakan penipuan yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Sebagai pengguna, menghapus akun DANA bisa dilakukan, baik secara permanen maupun hanya sementara saja.

Jika ingin menghapus aplikasi e-wallet ini, jangan sampai lupa untuk menarik saldo yang ada di dalamnya, ya. Nah, setelah saldo sudah dikosongkan, silahkan pilih beberapa cara di bawah ini untuk diterapkan:

Daftar Cara Hapus Akun DANA

Ada berbagai macam alasan mengapa orang hendak menghapus akun DANA, padahal aplikasi e-wallet ini sangat membantu proses interaksi apalagi di masa modern seperti sekarang ini. Salah satu alasannya adalah user sudah ganti nomor, sehingga ingin beralih ke akun baru dengan nomor baru juga.

1. Cara Nonaktifkan Akun DANA

Menghapus akun DANA secara gampang biasanya dilakukan dengan menghapus aplikasinya atau uninstall. Namun, dengan cara ini akun DANA tidak akan hilang begitu saja, karena masih tersedia meskipun statusnya nonaktif, sehingga pengguna bisa memulihkannya lagi.

  • Buka aplikasi DANA yang telah terpasang di ponsel masing-masing, kemudian silahkan lakukan proses “Login” dengan input “Username” beserta “Password’.
  • Setelah berhasil masuk ke dalam akun DANA yang hendak dihapus, klik menu “Pengaturan” lalu pilih opsi “Hapus Instalasi”.
Setelah-berhasil-masuk-ke-dalam-akun-DANA-yang-hendak-dihapus-klik-menu-Pengaturan
  • Terdapat cara lain yang lebih mudah, yakni dengan menekan logo aplikasi DANA yang berada di menu smartphone lalu beberapa opsi akan muncul, silahkan klik “Hapus Instalasi”.
Terdapat-cara-lain-yang-lebih-mudah-yakni-dengan-menekan-logo-aplikasi-DANA-yang-berada-di-menu-smartphone
  • Tunggu beberapa saat sampai mendapatkan pop up persetujuan atau konfirmasi tambahan terkait penghapusan aplikasi DANA.
  • Selesai.

2. Cara Menghapus Akun DANA via Web Resmi

Apabila cara pertama tadi belum membuat Anda puas, masih ada beberapa cara lain dan salah satunya melalui website resmi DANA. Cara ini juga akan menghapus akun DANA secara permanen, sehingga akun akan hilang dan tidak bisa digunakan lagi.

  • Langkah pertama, buka aplikasi browser yang dimiliki atau paling mudah menggunakan Google Chrome.
  • Jika sudah, langsung saja ketikkan alamat website resmi DANA atau silahkan klik link ini https://www.dana.id/en/contact
Jika-sudah-langsung-saja-ketikkan-alamat-website-resmi-DANA-atau-silahkan-klik-link-ini
  • Tunggu sampai halaman dengan form atau kolom-kolom muncul, kemudian isi kolom tersedia sesuai permintaan, mulai dari “Nama”, “Nomor HP” dan juga “Email”.
  • Pada kolom “Pesan”, langsung saja isi dengan permintaan pengguna terkait penghapusan akun DANA secara permanen dan alasannya. Biasanya poin ini akan diminta pada menu “Detail Masalah”.
  • Silahkan lampirkan foto atau video sebagai bukti dengan ukuran maksimal 7 MB, namun hal ini bersifat opsional.
  • Jika sudah selesai semuanya, silahkan centang “Captcha” dan klik tombol “Kirim”.
Jika-sudah-selesai-semuanya-silahkan-centang-Captcha-dan-klik-tombol-Kirim
  • Selesai.

3. Hapus Akun DANA via Telepon

Tak hanya melalui website resmi DANA, cara hapus akun e-wallet ini juga bisa dilakukan melalui telepon, yakni menghubungi customer service secara langsung. Jika menggunakan cara ini, pastikan memiliki pulsa untuk melakukan panggilan sekitar Rp10.000,- sampai Rp20.000,-.

  • Langkah awal, langsung saja buka aplikasi panggilan yang terdapat di ponsel masing-masing.
  • Hubungi call center resmi DANA, yakni bisa menggunakan nomor “1500 455” dan tunggu sampai customer service menjawabnya. Biasanya panggilan akan sedikit antre, apabila ada customer lain yang menghubungi CS.
Hubungi-call-center-resmi-DANA-yakni-bisa-menggunakan-nomor-1500-455-dan-tunggu-sampai-customer-service-menjawabnya
  • Apabila sudah terhubung, silahkan sampaikan keinginan Anda untuk menghapus akun DANA beserta dengan alasannya.
  • Jawab semua pertanyaan yang diajukan oleh customer service DANA terkait proses penghapusan, mulai dari data-data dalam aplikasi dan lain sebagainya.
  • Setelah selesai, layanan pelanggan DANA akan melakukan prosedur penghapusan akun sebagaimana mestinya.
  • Ikuti proses serta instruksi yang diminta demi kelancaran proses penghapusan akun DANA.
  • Selesai.

4. Hapus Akun DANA via Email

Apabila tidak memiliki pulsa untuk menghubungi call center DANA, pengguna masih bisa menggunakan cara lain yakni melalui email. Pengguna bisa menghubungi call center DANA melalui email, namun tentunya smartphone atau perangkat komputer harus terhubung jaringan internet, ya.

  • Pertama, buka aplikasi “Email” yang Anda gunakan di ponsel atau browser.
  • Setelah itu, klik tanda “Pensil” dengan keterangan “Tulis” untuk membuat pesan baru email.
  • Pada kolom “Kepada” silahkan isi dengan alamat email call center DANA, yakni help@dana.id.
Pada-kolom-Kepada-silahkan-isi-dengan-alamat-email-call-center-DANA-yakni-help-dana-id
  • Tuliskan judul atau garis besar keinginan Anda untuk menghapus akun DANA di kolom “Subject” atau bisa tulis “Pengajuan Penutupan Akun DANA”.
  • Selanjutnya, di bagian “Isi”, pengguna bisa menuliskan berbagai macam alasan mengapa hendak menghapus akun DANA secara jelas, lugas, dan tentunya tegas.
Selanjutnya-di-bagian-Isi-pengguna-bisa-menuliskan-berbagai-macam-alasan-mengapa-hendak-menghapus-akun-DANA
  • Jika semua sudah lengkap, silahkan baca kembali untuk memastikan semuanya sudah benar dan sesuai keinginan.
  • Setelahnya klik tombol “Kirim Pesan” yang biasanya terdapat di kanan atas halaman pesan.
  • Selesai. Tunggu pesan balasan dari pihak DANA terkait kelanjutkan pengajuan penghapusan akun DANA.

Contoh pesan email:

Kepada: help@dana.id

Dari: Bimasakticlub@gmail.com

Subjek: Pengajuan Penutupan Akun Dana

Hallo DANA, perkenalkan saya Bima salah satu pengguna aplikasi e-wallet DANA yang ingin mengajukan penghapusan akun. Berikut ini adalah informasi terkait data diri saya yang digunakan untuk mendaftar akun DANA:

Nama pemilik akun: Bima Sakti

Alamat email: Bimasakticlub@gmail.com

Nomor telepon: 081 355 678 908

Alasan penghapusan akun: nomor saya sudah ganti dan ingin menggunakan akun baru DANA dengan nomor baru agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Demikian permohonan saya terkait penghapusan akun DANA, saya berharap pengajuan penghapusan akun saya akan segera diproses secepatnya oleh pihak yang berwajib. Terimakasih.

5. Hapus Akun DANA melalui Sosial Media

Hapus-Akun-DANA-melalui-Sosial-Media

Penghapusan akun DANA tidak hanya menggunakan keempat cara yang sudah dijelaskan sebelumnya, karena pengguna bisa meminta bantuan pihak DANA melalui sosial media resminya. Cara ini tergolong sangat praktis, mengingat DANA cukup aktif di beberapa sosial media yang banyak digunakan usernya.

Namun, apabila menggunakan cara ini, pengguna harus bersabar karena kemungkinan besar responnya agak lama. Pasalnya, di sosial media ada banyak pesan yang didapatkan oleh admin, bukan hanya tentang masalah penghapusan akun tetapi juga persoalan lainnya.

DANA memiliki beberapa akun sosial media resmi yang dapat dihubungi, yakni sebagai berikut ini:

  • Facebook : https://web.facebook.com/danawallet/?_rdc=1&_rdr
  • Twitter : @danwallet
  • Instagram : @dana.id

Nah, untuk menghubungi sosial media DANA yang telah disebutkan di atas, silahkan kirimkan pesan melalui “Direct Message” alias “DM” yang tersedia di masing-masing platform. Sampaikan keluhan Anda terkait penghapusan akun DANA dan juga alasan mengapa hendak menghapusnya, kemudian silahkan kirim pesannya.

Gunakanlah cara hapus akun DANA yang paling mudah menurut Anda, sehingga ketika proses sedang berlanjut tidak akan menemukan kesulitan yang berarti. Sebelum menghapus akun, berpikirlah kembali apakah memang sudah tidak membutuhkan akun tersebut atau sebaliknya.

The post 5 Cara Hapus Akun DANA Dompet Digital / Menonaktifkannya appeared first on F-Tips.