Lifestyle

5 Cara Efektif Mencegah Infeksi Saluran Kemih Saat Hamil

googleberita

Salah satu kondisi yang perlu diwaspadai ibu hamil yaitu infeksi saluran kemih (ISK). Penyakit ini memang sudah ada obatnya. Namun, tidak jarang ibu hamil tidak menyadari terkena ISK, sehingga tidak mencari pengobatan dan justru berakibat buruk. Oleh karena itu, ada baiknya ibu hamil melakukan pencegahan terhadap ISK. Lalu, bagaimana cara mencegah infeksi saluran kemih saat hamil?

Risiko infeksi saluran kemih saat hamil

Infeksi saluran kemih atau ISK adalah infeksi bakteri yang terjadi pada sistem saluran kemih seseorang, termasuk uretra (lubang kencing), ureter (saluran kencing), kandung kemih, dan bahkan ginjal.

Penyakit ini rentan terjadi pada ibu hamil dan penyebabnya beragam. WebMD menyebut, perubahan hormon saat hamil menyebabkan perubahan pada saluran kemih sehingga lebih mungkin mengalami infeksi.

Selain itu, rahim yang membesar pun dapat menekan kandung kemih sehingga sulit bagi ibu hamil untuk mengeluarkan semua urine. Sisa urine tersebut dapat menjadi sumber infeksi.

Hubungan seksual juga bisa salah satu penyebab ISK. Saat melakukan hubungan seksual, bakteri dari usus besar dan vagina dapat masuk ke lubang kencing sehingga menyebabkan infeksi.

Sebagian besar ISK bukanlah masalah kesehatan yang serius, tetapi bila tidak segera diobati, infeksi ini bisa menyebabkan komplikasi. Pada ibu hamil, komplikasi yang mungkin terjadi, yaitu persalinan prematur, berat lahir bayi rendah, dan bahkan sepsis.

Cara mencegah infeksi saluran kemih saat hamil

Untuk mencegah ISK pada ibu hamil, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut ini adalah cara mencegah infeksi saluran kemih saat hamil yang perlu Anda lakukan.

1. Jaga kebersihan saluran kencing

Anda harus memastikan saluran kencing Anda selalu bersih, terutama setelah buang air kecil. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari tersebarnya bakteri dan masuk ke saluran kencing. Untuk menjaga kebersihan saluran kencing, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Segera bilas dan cuci dengan hati-hati di sekitar alat kelamin dan anus setelah buang air kecil.
  • Gunakan air hangat untuk membilas.
  • Keringkan dengan mengelap dari depan ke belakang setelah dibilas.
  • Hindari menggunakan sabun antiseptik yang bisa membuat iritasi.
  • Jangan berendam lebih dari 30 menit di bak mandi dan jangan lebih dari dua kali sehari untuk menghindari masuknya bakteri.
  • Gunakan celana berbahan katun.
  • Rajin mengganti celana dalam.
  • Hindari menggunakan celana dalam dan celana yang terlalu ketat.

2. Perbanyak minum air putih

Anda pun harus memastikan tubuh tetap terhidrasi untuk mencegah infeksi saluran kemih saat hamil. Minumlah paling tidak delapan gelas air putih dalam sehari.

Semakin banyak Anda minum, semakin sering pula Anda buang air kecil. Adapun buang air kecil merupakan cara yang efektif untuk membersihkan kuman dari kandung kemih dan saluran kencing.

3. Jangan menahan buang air kecil

Menahan buang air kecil tentu tidak baik, termasuk bagi ibu hamil. Hal ini dapat menyebabkan infeksi. Oleh karena itu, untuk mencegah infeksi saluran kemih saat hamil, segera ke toilet ketika ingin buang air kecil atau paling tidak lakukan buang air kecil setiap 2-3 jam.

Selain itu, ibu hamil juga harus memastikan tidak ada sisa urine setelah buang air kecil. Tunggu beberapa menit untuk memastikan urine Anda tidak bersisa.

Anda pun harus selalu buang air kecil setelah dan sebelum melakukan hubungan seksual untuk menghindari tersebarnya bakteri ke saluran kencing.

4. Jaga asupan makanan

Ibu hamil pun harus memenuhi kebutuhan nutrisinya. Konsumsilah makanan yang sehat saat hamil dan hindari makanan olahan, kafein, alkohol, dan gula. Di sisi lain, konsumsilah vitamin C paling tidak 250-500 mg per hari, beta karoten sebesar 25.000-50.000 IU per hari, dan zinc sebesar 30-50 mg per hari untuk mencegah infeksi, termasuk ISK, saat hamil.

5. Minum jus cranberry

Selain cara-cara di atas, banyak ahli menyebut jus cranberry bisa mencegah infeksi saluran kemih saat hamil. Cranberry dapat mencegah bakteri Escherichia coli (E. coli) dari usus untuk menempel ke kandung kemih. Namun, Anda harus memastikan jus cranberry tersebut tidak mengandung gula guna mencegah bakteri berkembang biak. Tanyakan pada dokter kandungan Anda mengenai konsumsi jus ini.

The post 5 Cara Efektif Mencegah Infeksi Saluran Kemih Saat Hamil appeared first on Hello Sehat.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of