Lifestyle

4 Tips Perilaku Hidup Bersih dan Sehat untuk Lindungi Diri dan Keluarga di Era New Normal

 

Sudah berbulan-bulan lamanya banyak negara di dunia melawan pandemi COVID-19, termasuk Indonesia. Salah satu langkah memperlambat dan menghentikan penyebaran penyakit ini adalah dengan mempraktikkan perilaku hidup bersih dan sehat. Oleh sebab itu, simak empat tips jitu dan terkini supaya tetap sehat di tengah pandemi.

Tips perilaku hidup bersih dan sehat di era new normal

Walaupun sudah boleh beraktivitas kembali, kita sebaiknya tidak menganggap bahwa pandemi sudah selesai sehingga menjadi lengah. Mari segarkan ingatan tentang empat perilaku hidup bersih dan sehat di new normal yang bermanfaat dalam upaya melawan COVID-19.

Cuci tangan dengan sabun dan air bersih

Berdasarkan panduan terbaru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), cuci tangan rutin merupakan cara terbaik untuk:

  • Membersihkan kuman pada tangan
  • Terhindar dari penyakit
  • Mencegah kuman di tangan diri sendiri agar tidak menyebar ke orang lain

Ayo, rajin cuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir supaya tetap sehat dan menjaga sesama di tengah pandemi. Ketika tidak dapat mencuci tangan, pastikan cairan pembersih tangan memiliki kandungan alkohol sedikitnya 60%, ya.

Menggunakan masker saat keluar rumah

mengatasi bau mulut saat pakai masker

Menggunakan masker terbukti efektif mencegah percikan ludah (droplets) menyebar di udara dan masuk ke saluran pernapasan orang lain. Maka dari itu, sebaiknya selalu pakai masker dengan tepat, yakni menutupi hidung dan mulut ketika akan pergi ke luar rumah.

Penelitian yang diterbitkan di bulan Agustus tahun 2020 menunjukkan masker kain bermanfaat dalam mencegah penyebaran percikan pernapasan ketika berbicara. Jadi, penggunaan masker kain juga merupakan praktik perilaku hidup bersih dan sehat di saat ada kelangkaan masker medis.

Selain bermanfaat melindungi orang lain, ternyata masker juga bisa melindungi kesehatan diri sendiri. Bagaimana cara masker bekerja menjaga si pemakai? Kajian Masks Do More Than Protect Others During COVID-19: Reducing the Inoculum of Sars-Cov-2 to Protect the Wearer menyimpulkan kalau penggunaan masker berpotensi mengurangi jumlah virus yang ada di dalam tubuh jika Anda terpapar.

Sederhananya, paparan virus yang lebih rendah turut membantu penyakit hanya menunjukkan gejala ringan bahkan tanpa gejala sama sekali, seperti yang dimuat di kajian tersebut.

Jaga jarak fisik

Apabila memang harus beraktivitas di luar rumah, usahakan untuk menjaga jarak fisik dengan orang lain setidaknya dua meter. Kajian di bulan Agustus tahun 2020 juga menambahkan jaga jarak fisik merupakan satu dari sekian banyak langkah mencegah penyebaran virus pemicu pandemi ini.

Oleh karena itu, harap tetap ikuti perilaku hidup bersih dan sehat lainnya di tengah new normal. Hindari melalui bagian taman atau pinggir jalan yang ramai apabila sedang berolahraga atau beraktivitas di luar rumah.

Bilas mulut dengan obat kumur setelah menyikat gigi

pakai obat kumur

Pandemi ini juga berdampak pada praktik dokter gigi karena adanya kaitan antara penyebaran percikan pernapasan dengan praktik ini. Oleh karena itu, penting sekali menjaga kesehatan gigi dan mulut agar Anda hanya perlu ke dokter gigi jika ada kondisi benar-benar darurat.

Menjaga kesehatan mulut dan gigi juga sejalan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (new normal) yang dicanangkan oleh pemerintah. Kesehatan mulut harus dijaga karena mulut merupakan salah satu akses masuknya bakteri, kuman, dan virus ke dalam tubuh kita.

Namun, menjaga kesehatan gigi dan mulut tidak cukup dengan sikat dan flossing gigi secara rutin saja. Anda juga sebaiknya membilas mulut dengan obat kumur berbahan alkohol dan empat minyak esensial, seperti eukaliptol yang terbukti efektif mengurangi penumpukan plak di gigi, seperti yang disimpulkan di kajian ini. Maka dari itu, sebaiknya mulai menggunakan obat kumur dalam praktik perilaku hidup bersih dan sehat untuk kesehatan gigi, ya.

Singkat kata, kesehatan gigi dan mulut memengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Kesehatan gigi dan mulut yang baik dapat menjaga tubuh dan mencegah berbagai risiko penyakit lain, terutama di tengah pandemi seperti saat ini. Sikat gigi saja tidak cukup karena tak mampu membersihkan seluruh rongga mulut.

Untuk perlindungan yang optimal, gunakan obat kumur antiseptik dua kali sehari setelah menyikat. Gunakan obat kumur antiseptik yang mengandung bahan alami yaitu yang mengandung empat minyak esensial. Berkumur menggunakan obat kumur antiseptik dapat membantu mengurangi plak, karang gigi, menjaga gusi lebih sehat, mencegah gigi berlubang, dan napas lebih segar.

Semoga tips di atas bermanfaat dan pandemi segera usai!

The post 4 Tips Perilaku Hidup Bersih dan Sehat untuk Lindungi Diri dan Keluarga di Era New Normal appeared first on Hello Sehat.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of