Peristiwa

4 Kamera Utama Galaxy A9 Disusun Vertikal, Apa Alasannya?

Googleberita.com, Kuala Lumpur – Samsung baru saja mengumumkan smartphone mid range teranyarnya, Galaxy A9. Tak tanggung-tanggung, perusahaan menyertakan empat kamera utama pada perangkat ini.

Bertempat di Kuala Lumpur, Malaysia, raksasa teknologi asal Korea Selatan itu memamerkan Galaxy A9 secara perdana di depan publik.

Menariknya, posisi empat kamera pada smartphone ini bertengger secara vertikal di sisi pinggir bodi.

Lantas, apa alasan Samsung memutuskan menyusun empat kamera Galaxy A9 secara vertikal? Padahal jika menoleh ke lini smartphone Galaxy A sebelumnya, posisi kamera terletak di tengah kover belakang smartphone.

Sang Il Park, Principal Product Design Mobile Communications Business mengungkap, Samsung ternyata memutuskan untuk menghadirkan desain kamera vertikal setelah melewati serangkaian diskusi yang mendalam.

Hingga pada akhirnya, desain empat kamera secara vertikal di pinggir merupakan yang paling cocok untuk konsumen. 

“Kami juga berkolaborasi dengan divisi pengembangan produk, marketing, dan lainnya, untuk memutuskan desain terbaik bagi smartphone ini—khususnya kamera,” ujar Park dalam briefing media dari beberapa negara, termasuk Tekno Googleberita.com dari Indonesia.

Sempat Bingung Letaknya Dimana

Samsung Galaxy A9. Googleberita.com/ Jeko Iqbal Reza

Menariknya, sebelum memutuskan desain kamera vertikal, Park mengungkap pihaknya sempat menjajal untuk menentukan desain dari posisi lain, mulai dari horizontal, hingga yang tersembunyi. 

“Setelah berdiskusi dengan enam pusat desain kami, akhirnya kami memutuskan kalau desain vertikal paling bermanfaat,” tambahnya.

Sayang, Park tidak menjelaskan lebih lanjut mengapa desain vertikal dianggap yang terbaik. 

Dirinya juga tak menutup kemungkinan jika nantinya di masa depan smartphone akan mengusung lebih banyak kamera utama, hingga enam atau delapan lensa sekaligus.

Jika memang nanti sebanyak ini, tentu pihak Samsung harus berpikir lebih ekstra soal desain penempatan kamera utamanya. 

“Ada kemungkinan akan bertambah lagi (kamera utama) di masa mendatang, bagaimana penempatannya, apa itu vertikal atau horizontal, yang pasti harus ada diskusi lebih lanjut,” tandas Park.

Alasan Galaxy A7 dan A9 Diboyong Khusus untuk Milenial

Samsung Galaxy A9. Googleberita.com/ Jeko Iqbal Reza

Kedua smartphone mid range teranyar Samsung, Galaxy A7 dan Galaxy A9 dihadirkan khusus untuk generasi milenial.

Lalu, apa alasan perusahaan kembali menyasar generasi milenial dengan kedua smartphone terbarunya ini? Apa memang Samsung benar-benar ingin fokus menjaring lebih banyak pengguna muda dengan lini Galaxy A?

Head of IT & Mobile Communications (IM) Division Samsung, DJ Koh, mengakui jika generasi milenial adalah target utama dari Galaxy A7 dan A9.

Menurutnya, penguna milenial adalah tipe pengguna yang suka mengekspresikan diri, berbagi momen, dan tentunya mencintai seni dan fotografi. Karena itulah Galaxy A7 dan Galaxy A9 sengaja dirancang untuk kalangan tersebut.

“Kami ingin mengerti apa yang pengguna milenial kami inginkan. Ada kategori pengguna yang cenderung ingin mengekspresikan dirinya sendiri, mereka ingin berbagi momen apa yang mereka lakukan, mereka ingin mendengarkan apa yang teman mereka lakukan,” kata DJ Koh kepada Tekno Googleberita.com saat sesi wawancara khusus di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (11/12/2018).

“Galaxy A7 dan Galaxy A9 itu diproyeksikan menjadi perangkat yang tepat bagi milenial. Harganya affordable, meski bukan flagship. Secara umum, ketika kami menawarkan inovasi yang berarti pada sebuah perangkat, saya rasa mereka bakal menyukainya,” lanjutnya.

Menariknya, DJ Koh juga menekankan inovasi dari perusahaan merupakan aset terpenting bagi Samsung.

Selain itu, berangkat dari inovasi yang diciptakan Samsung, perusahaan juga ingin menawarkan keuntungan dari inovasi tersebut ke para pengguna, sehinga dapat menciptakan pengalaman terbaik. Barulah, setelahnya perusahaan bisa mengejar profit.

 

Galaxy A9 Jadi Smartphone 4 Kamera Utama Pertama di Dunia

Samsung Galaxy A9. Googleberita.com/Jeko I.R

“Galaxy A9 adalah smartphone pertama di dunia yang hadir dengan empat kamera utama,” ujar Eugene Goh VP, Samsung South East Asia and Oceania di atas panggung dalam acara 4x Fun di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (11/10/2018).

Eugene menuturkan, perusahaan merancang inovasi terbaru pada smartphone anyar ini khusus untuk pengguna yang gemar travel dan selfie.

Empat kamera utama Samsung Galaxy A9 sendiri masing-masing memiliki resolusi 24MP f/1.7 dan 10MP f/2.4 dengan lensa telephoto optical zoom 2x.

Kemudian  ada kamera ultra wide 8MP f/2.4 dan depth camera 5MP f/2.2 dengan Live Focus. Sementara kamera selfie-nya beresolusi 24MP.

Soal dapur pacu, Galaxy A9 ditopang prosesor Snapdragon 660 dengan RAM 6GB dan memori internal 128GB yang bisa diekspansi via slot microSD hingga 512GB.

(Jek/Ysl)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of