Teknologi

4 Cara Hapus Akun Tokopedia Secara Permanen di HP dan PC

Cara hapus akun Tokopedia mungkin menjadi salah satu cara yang belum diketahui oleh banyak orang, karena biasanya mereka hanya menghapus aplikasinya saja. Padahal, dengan menghapus aplikasi, akun Tokopedia tidak bisa hilang begitu saja.

Nah, jika tidak menggunakannya selama kurun waktu yang lama karena sudah menghapus aplikasinya, ditakutkan akun akan dihack dan dipergunakan untuk tindak kejahatan. Tak hanya merugikan orang lain, hal tersebut juga pasti akan merugikan si pemilik akun.

Apabila memang merasa sudah tidak ada kepentingan di aplikasi Tokopedia, lebih baik menghapus akun untuk menghindari hal-hal buruk yang tidak diinginkan. Caranya tidak begitu sulit, bahkan pemula sekalipun bisa melakukan dengan mengikuti step by step di bawah ini:

Daftar Cara Hapus Akun Tokopedia

Menghapus akun Tokped bisa dilakukan dengan beberapa cara, mulai dari menggunakan perangkat komputer, kemudian melalui smartphone, langsung dari aplikasi, dan menghapusnya secara permanen. Pengguna bisa memilih salah satu cara yang dianggap paling gampang untuk dilakukan.

1. Hapus Akun Tokopedia via PC

Bagi sebagian besar orang, mengakses aplikasi e-commerce semacam Tokopedia lebih mudah dilakukan melalui perangkat komputer, sebab layar lebih lebar dan penglihatan menjadi lega. Jika pengguna lebih suka menggunakan PC, maka silahkan gunakan cara hapus akun Tokped berikut:

  • Buka browser yang biasa digunakan lalu langsung kunjungi situs resmi Tokopedia di https://www.tokopedia.com/
  • Setelah berhasil masuk ke halaman login, silahkan lakukan proses “Login” seperti biasanya.
Setelah-berhasil-masuk-ke-halaman-login-silahkan-lakukan-proses-Login-seperti-biasanya
  • Jika sudah, langsung pilih menu “Pengaturan”, kemudian lanjutkan dengan klik menu “Pengaturan Toko” yang ada di bagian Toko Saya.
  • Silahkan atur durasi tanggal Anda hendak melakukan “Penutupan Toko” beserta “Alasannya”.
Silahkan-atur-durasi-tanggal-Anda-hendak-melakukan-Penutupan-Toko-beserta-Alasannya
  • Pada keterangan “Tutup Sekarang” berikan tanda centang dan klik tombol “Atur”.
  • Selesai.

Catatan: Akun Tokopedia akan terhapus atau dinonaktifkan sesuai dengan tanggal yang Anda pilih. Cara ini juga tidak bisa menghapus akun secara permanen, sehingga pengguna masih bisa memulihkannya.

2. Hapus Akun Tokopedia melalui Smartphone

Apabila tidak memiliki PC, pengguna masih bisa melakukan proses penghapusan akun Tokopedia dengan memanfaatkan smartphone. Alternatif satu ini paling banyak diminati oleh user Tokopedia, karena lebih ringkas dan gampang. Berikut ini caranya:

  • Pertama, silahkan buka situs resmi Tokopedia melalui aplikasi browser bawaan HP atau yang sudah terpasang di HP masing-masing.
  • Lakukan proses “Login” agar pengguna bisa masuk ke akun yang hendak ditutup atau dihapus.
  • Setelah itu, silahkan pilih menu “Akun” dan lanjutkan dengan mengklik ikon menu “Pengaturan” atau “Settings”.
  • Jika sudah, klik opsi “Toko” lalu silahkan pilih opsi “Atur Jam Buka Toko” untuk mengatur waktu tutup toko atau akun masing-masing.
Jika-sudah-klik-opsi-Toko-lalu-silahkan-pilih-opsi-Atur-Jam-Buka-Toko-untuk-mengatur-waktu-tutup-toko-atau-akun-masing-masing
  • Lanjutkan langkah dengan memilih opsi “Tutup Sekarang” dan jangan lupa atur “Tanggal Berakhir” sesuai keinginan pengguna.
  • Tulis alasan mengapa pengguna hendak menghapus akun Tokopedia yang kolom “Catatan”, kemudian langsung saja akhiri dengan klik tombol “Simpan”.
Tulis-alasan-mengapa-pengguna-hendak-menghapus-akun-Tokopedia-yang-kolom-Catatan
  • Selesai.

3. Hapus Akun Tokopedia di Aplikasi

Jika pengguna memiliki aplikasi Tokopedia, maka tidak perlu susah payah membuka browser untuk mengakses situs websitenya sebagai jalan menghapus akun. Pengguna bisa memanfaatkan aplikasi Tokopedia untuk menghapus akun dengan mudah dan ringkas, seperti langkah di bawah ini:

  • Langkah pertama adalah membuka aplikasi Tokopedia yang sudah terpasang di smartphone masing-masing, kemudian lanjutkan dengan proses “Login” sebagaimana mestinya.
  • Jika sudah masuk ke aplikasi Tokopedia, langsung saja klik menu “Akun” dan lanjutkan memilih opsi “Pengaturan”.
Jika-sudah-masuk-ke-aplikasi-Tokopedia-langsung-saja-klik-menu-Akun-dan-lanjutkan-memilih-opsi-Pengaturan
  • Setelah itu, pengguna bisa memilih menu “Toko” lalu pilihlah menu “Informasi”.
  • Dalam menu Informasi, pengguna akan menemukan beberapa pilihan salah satunya pada menu “Status Toko”, silahkan klik tombol “Atur”.
  • Pengguna akan dibawa ke halaman selanjutnya dan silahkan pilih opsi “Tutup Toko Sekarang”.
Pengguna-akan-dibawa-ke-halaman-selanjutnya-dan-silahkan-pilih-opsi-Tutup-Toko-Sekarang
  • Silahkan atur jadwal tutup toko di Tokopedia sesuai dengan keinginan, jangan lupa sertakan pula alasan mengapa ingin menutupnya pada kolom “Catatan”.
  • Selanjutnya klik “Simpan” sebagai langkah terakhir penutupan akun Tokopedia melalui aplikasinya langsung.
  • Selesai.

4. Hapus Akun Tokopedia Permanen

Hapus-Akun-Tokopedia-Permanen

Kalau ingin menghapus akun Tokopedia secara permanen apakah bisa? Pasalnya, cara yang sebelumnya dijabarkan merupakan penutupan akun yang berlaku sementara saja, sehingga bisa dipulihkan nantinya.

Tidak sama seperti akun-akun sosial media, akun Tokopedia tidak bisa dihapus secara permanen karena pihak e-commerce sendiri belum memiliki layanan tersebut. Hingga kini, penghapusan akun Tokopedia hanya mengarah pada menonaktifkan akun saja, namun pengguna bisa menonaktifkannya hingga bertahun-tahun.

Tak hanya penjual yang memiliki toko saja, pembeli yang hanya melakukan aktivitas belanja online juga tidak bisa menghapus akun secara permanen. Namun, jika memang ingin menghapus atau menghilangkan akun Tokopedia, silahkan hubungi layanan call center resminya.

Anda bisa meminta solusi pada customer service Tokopedia untuk menghapus akun Tokopedia secara permanen.

Kenapa Akun Tokopedia Ingin Dihapus?

Anda pasti tahu, bahwa aplikasi e-commerce Tokopedia sangatlah bermanfaat apalagi di masa pandemic untuk mengurangi interaksi langsung dengan sesama. Pasalnya, pengguna bisa belanja apapun hanya dengan satu aplikasi saja. Namun, masih ada orang yang ingin menghapus akun tersebut dengan beberapa alasan, yakni:

1. Punya Banyak Akun

Punya-Banyak-Akun

Memiliki banyak akun dalam satu aplikasi merupakan hal yang umum terjadi di negara kita, sehingga memiliki akun Tokopedia lebih dari satu itu sudah biasa. Banyak akun ini bisa diakibatkan oleh beberapa hal dan salah satunya adalah lupa password sehingga membuat akun baru lagi.

Banyak akun membuat sebagian besar orang risih karena tidak bisa mengoperasikannya dengan maksimal, sehingga mereka lebih memilih menghapus akun saja.

2. Mantan Dropshipper

Mantan-Dropshipper

Cara hapus akun Tokopedia juga dilakukan oleh mantan dropshipper, karena mereka sudah pasti memiliki segudang akun untuk menjalankan bisnisnya. Namun, ketika bisnis sudah tidak jalan lagi seperti dahulu, pastinya mereka tidak ingin ribet perihal banyaknya akun Tokopedia.

Dengan alasan inilah, banyak mantan dropshipper yang menutup akun Tokopedia mereka agar tidak dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Apakah Anda juga mantan dropshipper yang ingin menghapus akun Tokopedia juga?

3. Terkait Nomor Pribadi

Terkait-Nomor-Pribadi

Alasan ketiga adalah terkait nomor pribadi, karena biasanya akun atas nama pribadi ingin menggunakan nomor lain agar nomor pribadi mereka tidak penuh dengan notifikasi dari aplikasi. Pasalnya, setiap ada event atau promo, pasti akan ada pemberitahuan baik melalui SMS maupun email.

Bagi beberapa orang hal tersebut sangat mengganggu, sehingga mereka ingin menghapus akun untuk menghindari notifikasi jebol di nomor pribadi masing-masing.

Sebenarnya menonaktifkan notifikasi bisa jadi cara jitu untuk menghindarinya, namun ada sebagian orang yang lebih memilih menuntaskan masalah ini hingga ke akarnya.

Cara hapus akun Tokopedia yang dibahas di atas memang merujuk pada penutupan akun sementara. Hal tersebut dikarenakan e-commerce ini tidak menyediakan layanan penghapusan akun secara permanen. Akan tetapi, pengguna masih bisa menutup akun nyaris permanen, karena bisa dinonaktifkan hingga beberapa tahun kedepan.

The post 4 Cara Hapus Akun Tokopedia Secara Permanen di HP dan PC appeared first on F-Tips.