Teknologi

4 Cara Hapus Akun Prakerja via Live Chat, Email, Website, CS

Bagaimana cara hapus akun prakerja? Prakerja adalah program dari pemerintah yang ditujukan bagi anak muda untuk meningkatkan produktivitasnya. Nantinya, mereka akan mendapatkan uang tambahan yang digunakan sebagai modal wirausaha dan mengikuti kelas.

Setelah mendapatkan program ini, banyak juga yang ingin menghapus akun prakerja agar datanya menjadi aman. Lalu, bagaimana caranya? Sebenarnya hal itu sangat mudah dilakukan. Platform ini juga memudahkan penggunanya untuk bisa menghapus akunnya.

Cara Hapus Akun Prakerja

Cara hapus akun prakerja tidak memerlukan langkah yang sulit. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Penghapusan Akun Prakerja Lewat Email

Adapun langkah-langkah penghapusan prakerja lewat email adalah sebagai berikut:

  • Buka akun email Anda di Android atau di laptop.
  • Selanjutnya, ajukan permohonan akun prakerja melalui email resmi dari prakerja yaitu: info@prakerja.go.id. Caranya dengan menambahkan pesan baru. Dan masukkan alamat tersebut di kolom “Kepada”
  • Selanjutnya, isi subject email dengan format “Permohonan Penghapusan Akun Prakerja”.
Selanjutnya-isi-subject-email-dengan-format-Permohonan-Penghapusan-Akun-Prakerja
  • Di kolom isi pesan, tuliskan data identitas secara lengkap. Tuliskan nama, nomor KK, dan NIK.
Di-kolom-isi-pesan-tuliskan-data-identitas-secara-lengkap.-Tuliskan-nama-nomor-KK-dan-NIK
  • Tahap selanjutnya yang tidak boleh terlewat adalah menulis alasan penghapusan akun dengan jelas agar bisa diproses.
  • Terakhir, klik kirim dan tunggu sampai ada balasan dari Prakerja.

Berapa lama waktu untuk mendapatkan balasan dari Prakerja? Informasi tersebut belum diketahui dengan pasti. Ada yang direspon dengan cepat dan ada pula yang membutuhkan waktu berhari-hari.

Ini semua tergantung dari antrian email yang masuk di akun Prakerja. Jadi, Anda perlu untuk selalu membuka email dan mengeceknya guna memastikan apakah ada email masuk untuk penghapusan akun atau tidak.

Selain itu, bisa juga mengeceknya dengan login ke akun prakerja. Jika masih masuk saat login itu artinya penghapusan akun prakerja masih belum dilakukan.

Sebaliknya jika sudah tidak bisa login artinya penghapusan akun telah berhasil.

2. Hapus Akun Prakerja Lewat CS

Hapus-Akun-Prakerja-Lewat-CS

Setelah menunggu terlalu lama dan tidak ada persetujuan atau email balasan dari Prakerja, Anda bisa melakukan cara lain yaitu dengan menghubungi CS atau Call Center resmiya.

Caranya yaitu dengan menghubungi nomor telepon berikut: 08001503001. Anda perlu menyiapkan pulsa sebelumnya untuk melakukan panggilan ke CS. Kemudian, silahkan untuk memberikan keluhan terkait penghapusan akun.

CS akan memberikan solusi terkait kebutuhan Anda. Siapkan pula nomor NIK dan KK untuk berjaga-jaga ketika ditanya identitasnya.

3. Hapus Akun Lewat Situs Prakerja

Hapus-Akun-Lewat-Situs-Prakerja

Cara lain yang dapat digunakan untuk melakukan penghapusan akun Prakerja adalah melalui situsnya. Prakerja juga memberikan pelayanan khusus bagi pengguna yang ingin bertanya masalah apapun termasuk cara hapus akun Prakerja.

Cukup dengan mengisi form pengaduan melalui situs berikut ini: https://bantuan.prakerja.go.id/hc/id/request/new

Isi keluhan Anda dan tunggu sampai ada tanggapan dari pihak CS.

4. Cara Hapus Akun Lewat Live Chat

Cara-Hapus-Akun-Lewat-Live-Chat

Cara terakhir menghubungi Prakerja yang berguna untuk menghapus akun adalah melalui fitur live chat yang sudah disediakan di dalam situs resminya. Anda akan terhubung langsung ke pihak CS jika mengklik situs live chat tersebut.

Silahkan bertanya apapun terkait masalah Prakerja terutama untuk menghapus akun milik pribadi. Nantinya, akan diberikan petunjuk bagaimana langkah yang tepat dan jawaban yang benar.

Adapun link untuk melakukan live chat Prakerja adalah: https://www.prakerja.go.id/livechat

Semua cara tersebut dapat digunakan dan bisa dipilih salah satunya. Namun, Anda juga perlu mempertimbangkan kapan waktu yang tepat untuk menghubungi prakerja. Silahkan untuk menghubungi di hari kerja yaitu dari hari Senin-Jumat.

Buka dari pukul 08.00 pagi sampai 20.000 malam.

Alasan Penghapusan Akun Prakerja

Alasan-Penghapusan-Akun-Prakerja

Ada berbagai macam alasan seseorang ingin menghapus akun Prakerja. Adapun biasanya terbagi menjadi dua alasan yang bersifat positif dan negatif. Ada yang ingin menghapusnya karena alasan keamanan dari data yang diinput adalah hal yang penting.

Data tersebut ada KTP, NIK sampai nama dan foto lengkap. Jadi, ada kekhawatiran sendiri yang dirasakan oleh penggunanya. Meskipun pada dasarnya situs ini tergolong cukup aman karena dibuat oleh pemerintah.

Namun, ada juga alasan negatif dengan niat ingin mencurangi. Alasan tersebut yaitu agar bisa mendaftar ulang kembali dengan maksud mendapatkan jatah di gelombang selanjutnya.

Namun, hal ini termasuk hal yang sia-sia dilakukan karena pemerintah sudah memberikan kebijakan bahwa NIK yang sudah terdaftar tidak bisa mengikuti gelombang lainnya. Jadi, hanya bisa disetujui satu kali untuk satu orang.

Ketika mendaftar di Prakerja akan ada syarat dan ketentuan yang berlaku. Jika melanggar dan memberikan informasi palsu maka bisa dipidanakan. Hal ini untuk menghindari adanya tindak kecurangan saat melakukan pendaftaran.

Jadi, jangan sampai memakai cara ilegal untuk mendaftar.

Apakah Bisa Menghapus Akun Prakerja Saat Ini?

Apakah-Bisa-Menghapus-Akun-Prakerja-Saat-Ini

Berdasarkan informasi dari Prakerja, setelah mendaftarkan akun, diketahui bahwa tidak bisa melakukan penghapusan. Anda bisa menanyakan informasi selanjutnya menggunakan cara di atas.

Namun, tidak perlu khawatir jika ternyata akun ternyata ada kesalahan input data seperti nomor telepon atau rekening. Anda bisa menggunakan contact center seperti di atas. Namun, hal yang tidak bisa dilakukan perubahan yaitu mengganti alamat email.

Jadi, pada intinya, penghapusan akun Prakerja tidak bisa dilakukan sendiri oleh penggunanya. Melainkan harus melalui admin prakerja seperti lewat email, dsb. Selanjutnya, penghapusan ini harus sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Cara Daftar Akun Prakerja

Sebagai informasi tambahan, berikut ini adalah cara mendaftar akun bagi pemula. Untuk mendaftarnya bisa dilakukan sendiri. Yang harus disediakan adalah alamat email yang aktif.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Masuk Email dan Password

  • Kunjungi situs prakerja.go.id. Lalu, klik Daftar Sekarang.
Kunjungi-situs-prakerja-go-id.-Lalu-klik-Daftar-Sekarang
  • Lalu, masukkan email dan kata sandi yang diinginkan untuk login ke akun. Tambahkan pula konfirmasi password.
  • Centang syarat dan ketentuan untuk melanjutkan pendaftaran. Terakhir, klik Daftar.

2. Cek Email

  • Setelah itu, akan ada pesan dari Prakerja ke alamat email.
  • Lihat di kotak masuk apakah ada pesan. Kemudian, lakukan langkah verifikasi.
  • Klik link “Verifikasi Pendaftaran Akun
Klik-link-Verifikasi-Pendaftaran-Akun
  • Nantinya email sudah terverifikasi yang menandakan akun sudah berhasil dibuat.

3. Lakukan Login

  • Setelah berhasil terverifikasi dan akun sudah berhasil dibuat, silahkan untuk melakukan login. Kunjungi situs prakerja.go.id kembali.
  • Kemudian, masukkan alamat email yang sudah terverifikasi tadi beserta kata sandi yang sudah Anda buat.
Kemudian-masukkan-alamat-email-yang-sudah-terverifikasi-tadi-beserta-kata-sandi-yang-sudah-Anda-buat
  • Langkah selanjutnya adalah klik Login.
  • Anda akan berhasil masuk ke beranda atau halaman utama akun. Untuk mempermudah login, lakukan penyimpanan password baik-baik agar tidak lupa saat mendaftar.

4. Mendaftar Program Kartu Prakerja

Mendaftar-Program-Kartu-Prakerja

Setelah berhasil untuk membuat akun dan login, kini saatnya mengikuti program kartu prakerja. Dengan mengikutinya, Anda bisa mendapatkan program pelatihan selama 3 bulan. Selain itu, ada bantuan uang sebesar Rp 600 ribu.

Tambahkan data informasi penting untuk mendapatkan program kartu Prakerja. Isi verifikasi KTP, NIK, serta nomor KK. Tambahkan juga tanggal lahir untuk proses verifikasi data. Jika sudah mengisi dengan lengkap, silahkan klik Berikutnya.

Isi juga data-data lainnya jika diminta. Jangan lupa untuk mengoreksi nomor rekening, nomor telepon agar tidak terjadi kesalahan. Selanjutnya, klik Kirim.

Setelah itu, masukkan kode OTP untuk verifikasi. Selesai. Anda tinggal mendaftar program dan menunggu lolos tidaknya  program Prakerja.

Ternyata, cara hapus akun Prakerja tidak bisa dilakukan otodidak dan harus melalui ketentuan yang berlaku. Untuk menanyakan lebih lanjut mengenai informasi penghapusan ini dapat dilakukan melalui CS yang ada di atas.

The post 4 Cara Hapus Akun Prakerja via Live Chat, Email, Website, CS appeared first on F-Tips.