Olahraga

4 Cabang Olahraga Tradisional Yang Dipertandingkan Di Asia Games

Asia Games 2018 Akan Mempertandingkan Cabang Olahraga Traditional

4 Cabang Olahraga Tradisional Yang Dipertandingkan Di Asia Games

Google Berita – Pada tahun ini, Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah ajang olahraga bergengsi Asian Games yang akan dilaksanakan pada 18 Agustus 2018 hingga 2 September 2018. Turnamen olahraga se-Asia tersebut akan diselenggarakan di dua kota, yaitu Palembang dan Jakarta.

Berbagai persiapan telah dilakukan oleh pemerintah untuk mendukung terlaksananya turnamen olahraga akbar ini. Beberapa seremonial sudah dilaksanakan untuk menyemarakkan pesta olahraga Asian Games 2018. Dibalik gemuruh berita pelaksanaan Asian Games, ada beberapa olahraga tradisional dari berbagai negara yang akan ikut dipertandingkan pada Asian Games tahun ini. Apa saja nama olahraga tersebut? Untuk informasi lengkapnya, langsung saja lihat penjelasannya pada poin-poin berikut ini.

1. Pencak Silat

 

Pencak SilatMasyarakat Indonesia pasti sudah tahu dengan olahraga bela diri yang satu ini. Pencak silat merupakan seni bela diri asli Indonesia yang termasuk dalam kesenian tradisional Nusantara. Seni bela diri ini sudah lama berkembang di Indonesia. Hampir di setiap daerah di Indonesia punya seni bela dirinya masing-masing yang masih ada hubungannya dengan pencak silat. Bagi para atlet pencak silat, momen ini menjadi momen paling menyenangkan untuk menjajal kemampuan mereka di kancah internasional.

2. Kabaddi

KabaddiOrang Indonesia mungkin agak asing mendengar cabang olahraga yang satu ini. Kabaddi adalah olahraga tradisional yang berasal dari daerah Tamil Nadu, India. Olahraga ini sebenarnya sudah mulai dipertandingkan di Asian Games pada turnamen XVII di Korea Selatan. Cabang olahraga ini disebut sebagai cabang khusus. Permainan Kabaddi sendiri hampir mirip dengan permainan anak-anak yang mana seorang pemain harus melewati tujuh pemain lain supaya bisa sampai ke garis aman. Untuk Anda yang baru pertama kali melihat pertandingan Kabaddi, mungkin Anda akan melihatnya seperti permainan anak-anak jaman dahulu.

3. Sambo

SamboCabang olahraga tradisional yang selanjutnya adalah Sambo. Olahraga ini merupakan salah satu cabang olahraga bela diri yang berasal dari Uni Soviet. Olahraga Sambo pertama kali diperkenalkan oleh Atlet Viktor Spiridonov dan Vasili Oshchepkov. Sambo merupakan singkatan dari kata Samozashchita Bes Oruzhiya. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, arti kata tersebut adalah beladiri tanpa menggunakan senjata. Sekilas, olahraga ini hampir mirip dengan gulat yang mengandalkan teknik kuncian untuk melumpuhkan lawan.

4. Kurash

KurashOlahraga tradisional yang terakhir adalah Kurash. Olahraga ini berasal dari Uzbekistan. Kurash sendiri merupakan olahraga beladiri tradisional dengan gerakan-gerakan dasar untuk saling membanting lawan. Olahraga ini dimainkan dengan menggunakan baju khusus. Baju khusus tersebut berfungsi untuk mengaitkan dan membanting lawan. Gerakan olahraga Kurash sangat mirip dengan judo dan gulat. Bedanya hanya pada teknik mebantingnya saja. Pemain kurash hanya diperbolehkan membanting pada posisi berdiri dengan menggunakan kaitan atas. Membanting menggunakan kaki tidak diperbolehkan.

Itulah empat cabang olahraga yang akan ikut meramaikan pesta olahraga Asian Games 2018 nanti. Sebagian besar olahraganya adalah olahraga-olahraga bela diri dari berbagai negara peserta. Kira-kira, berapa banyak peserta yang akan meramaikan cabang olahraga tersebut? Apakah pesertanya hanya berasal dari negara-negara asal olahraga tersebut saja atau ada peserta dari negara lain? Untuk mengobati rasa penasaran tersebut, jangan pernah melewatkan jadwal pertandingannya pada bulan Agustus mendatang. Jangan lupa selalu dukung tim nasional Indonesia agar bisa memenangkan tiap-tiap pertandingan pada Asian Games 2018. Bertanding di kandang sendiri memberikan banyak kesempatan untuk para atlet Indonesia untuk memaksimalkan kekuatan mereka.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of