Olahraga

3 Turnamen Olahraga dengan Hadiah Terbesar, Bukan Liga Champions

Googleberita.com, Jakarta – Liga Champions musim 2018-19 kembali bergulir pada pertengahan pekan ini. Kompetisi paling elit di Eropa itu kini memasuki laga kedua di fase grup.

Juara bertahan Liga Champions dalam tiga musim terakhir, Real Madrid, bakal menghadapi tuan rumah CSKA Moskow di laga kedua Grup G. Laga ini berlangsung di VEB Arena, Moskow, Rabu (3/10/2018).

Tak mudah bagi Real Madrid mempertahankan status juara untuk kali keempat berturut-turut. Terlebih, klub raksasa Spanyol itu kehilangan pemain bintangnya, Cristiano Ronaldo, pada musim panas lalu.

Ronaldo memutuskan pindah ke Juventus setelah sembilan musim bermain di Santiago Bernabeu. Keputusan juara Liga Italia itu mendatangkan pemain timnas Portugal itu bukan tanpa alasan.

Dengan memiliki Ronaldo, Juventus berharap banyak bisa memenangkan trofi Liga Champions. Dalam empat musim terakhir, Juventus selalu lolos ke final, tapi selalu gagal menang.

Juara Liga Champions menjadi sebuah gengsi. Terlebih, setiap tahun hadiah uang turnamen yang mempertemukan klub-klub terbaik di Eropa itu selalu meningkat.

Namun, ternyata bukan Liga Champions yang memberikan hadiah uang terbesar. Berikut 3 turnamen olahraga dengan hadiah uang terbesar seperti dikutip dari Sokka:

3. Piala Dunia

Timnas Prancis merayakan gelar juara Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Kroasia pada  laga final di Luzhniki Stadium, Minggu (15/7). Prancis berhasil menjadi juara setelah membekuk Kroasia dengan skor akhir 4-2. (AP Photo/ Martin Meissner)

Timnas Prancis mengalahkan Kroasia 4-2 pada final Piala Dunia 2018 di Rusia. Tak hanya trofi, pasukan Didier Deschamps ini juga membawa pulang hadiah uang sebesar US$ 38 juta atau sekitar Rp 571,4 miliar.

Sementara itu, Kroasia yang finis di posisi kedua membawa pulang US$ 28 juta atau sekitar Rp 421 miliar. Belgia yang menang atas Inggris dalam perebutan tempat ketiga mendapat hadiah uang US$ 24 juta atau sekitar Rp 360,7 miliar.

Sedangkan Inggris membawa pulang US$ 22 juta atau sekitar Rp 330 miliar.

2. Liga Champions

Pemain Real Madrid melakukan selebrasi usai menjadi juara Liga Champions 2018 di Stadion NSK Olimpiyskiy, Ukraina (26/5). Dengan kemenangan tersebut, Real Madrid berhasil menjadi juara Liga Champions tiga kali berturut-turut. (AP/Sergei Grits)

Real Madrid memenangkan trofi Liga Champions usai mengalahkan Liverpool 3-1 di laga final pada Juni lalu. Atas prestasi itu, Los Blancos pun menjadi klub pertama yang memenangkan trofi bergengsi itu tiga musim berturut-turut.

Selain trofi, Madrid juga berhak atas hadiah uang. Sekadar informasi, jumlah hadiah uang terus meningkat setiap tahun. Pada tahun ini, Los Blancos membawa pulang hadiah uang 100 juta euro atau sekitar Rp 1,7 triliun.

Jumlahnya yang terus meningkat setiap tahun memotivasi klub-klub untuk mendatangkan pemain bintang guna mencoba dan memenangkan trofi Liga Champions. Juventus, misalnya, mendatangkan Cristiano Ronaldo dari Real Madrid di bursa transfer musim panas lalu.

Dalam empat musim terakhir, Juventus dua kali lolos ke final Liga Champions. Tapi, skuat racikan Massimiliano Allegri selalu gagal memenangkannya.

1. Formula 1

Lewis Hamilton hanya finis di posisi kesembilan dalam balapan Formula 1 (F1) GP Meksiko di Autodromo Hermanos Rodriguez, Senin (30/10/2017) dini hari WIB. Hasil itu membawa pembalap Mercedes ini meraih gelar juara dunia F1 2017.(AP Photo/Eduardo Verdugo)

Ferrari hanya finis kedua dalam balapan Formula 1 musim 2017. Akan tetapi, Ferrari membawa pulang hadiah uang terbesar.

Besarnya uang yang diperoleh Ferrari karena klausul khusus dalam kontrak mereka yang sudah ada selama bertahun-tahun. Perusahaan balap asal Italia membawa pulang 165 juta euro atau sekitar Rp 2,86 triliun.

Sementara Mercedes yang tampil sebagai juara di kelas pembalap dan konstruktor hanya mendapatkan hadiah uang 144 juta euro atau sekitar Rp 2,5 triliun.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of