Lifestyle

3 Tanda Kulit Ketiak Anda Sensitif, dan Cara Jitu Mengatasinya

googleberita

Siapa saja bisa punya kulit yang sensitif. Namun, tidak banyak juga yang tahu kulit ketiak mereka ternyata sama sensitifnya. Padahal, masalah kulit ini juga bisa membuat aktivitas jadi tidak nyaman dan bahkan menyebabkan masalah kulit yang serius. Maka penting bagi Anda untuk mengenali tanda dan gejala khas dari ketiak sensitif.

Sekilas info tentang kulit ketiak sensitif

Ketiak dikatakan sensitif ketika kulitnya mudah teriritasi. Iritasi bisa dipicu oleh banyak hal, dari faktor lingkungan seperti udara, suhu, paparan sinar matahari, gesekan baju, hingga produk kosmetik, parfum, sabun mandi, dan lain sebagainya.

Biasanya orang yang memiliki kulit sensitif, kulit ketiaknya juga akan sensitif. Meski begitu, bukan berarti Anda yang jenis kulitnya lain dari itu tidak bisa mengalaminya.

Pada dasarnya kulit ketiak cenderung lebih tipis dan sering tergesek daripada area kulit yang lain. Belum lagi keadaan ketiak yang hangat dan lembap dapat mengundang bakteri dan kuman untuk berkembang biak di sana.

Itu sebabnya meski kulit wajah dan badan Anda tidak sensitif, ketiak Anda masih sangat mungkin mengalami iritasi.

Gejala ketiak sensitif yang perlu diwaspadai

Gejala ketiak sensitif pada setiap orang mungkin berbeda-beda. Namun, secara umum, berikut beberapa tanda dan gejala ketiak sensitif yang perlu Anda waspadai.

1. Kulit memerah

Bila kulit ketiak tampak memerah setelah menggunakan produk perawatan diri tertentu, Anda harus waspada. Sebab, kulit memerah adalah salah satu gejala kulit ketiak sensitif yang paling mudah dikenali.

Kulit kita dipenuhi oleh sel-sel khusus dari sistem imun yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi virus, bakteri, atau zat asing lainnya.

Ketika sel-sel kulit di ketiak mendeteksi zat yang berbahaya, sistem imun akan merespon dengan melepaskan sel darah putih dan senyawa kimia lainnya ke dalam darah. Pelepasan sel darah putih ini kemudian meningkatkan aliran darah ke area ketiak. Alhasil, ketiak Anda akan terasa hangat dan terlihat kemerahan.

2. Kulit terasa gatal

Gejala ketiak sensitif lainnya yang perlu Anda waspadai adalah rasa gatal yang mengganggu. Saking gatalnya, kondisi ini sering kali membuat seseorang terus-terusan menggaruk ketiaknya sampai lecet.

Sensasi gatal yang Anda alami biasanya muncul berkaitan dengan respon peradangan yang terjadi di kulit ketiak.

3. Ketiak berwarna hitam

Coba telik kulit ketiak Anda sekarang. Ketiak yang berwarna gelap atau bahkan cenderung hitam bisa jadi tanda Anda punya kulit sensitif. Hal ini diamini oleh dr. Melyawati Hermawan, Sp.KK, ketika ditemui oleh Tim Hello Sehat (11/7) di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Dr Melyawati menjelaskan, kondisi kulit yang sensitif lebih mudah dimasuki zat iritan daripada kulit normal. Ketika banyak zat iritan yang masuk, kulit akan lebih mudah meradang. Tidak hanya merah dan gatal, reaksi peradangan ini bisa terakumulasi dan menyebabkan kulit ketiak menjadi lebih gelap.

Lantas, bagaimana cara mengatasi kondisi ini?

detoks-ketiak

Kulit ketiak sensitif bisa diatasi dengan sejumlah cara sederhana, seperti:

1. Cermat pilih produk perawatan diri

Produk-produk yang Anda gunakan setiap hari, seperti sabun, bedak, deodoran, dan parfum bisa jadi pemicu iritasi. Maka itu, orang yang memiliki ketiak sensitif, harus lebih cermat dalam memiliki produk perawatan diri.

Pilihlah produk yang tidak mengandung parfum atau wewangian. Selain itu, hindari pula produk yang mengandung bahan kimia yang bersifat iritan, seperti alkohol, paraben, dan propylene glycol

2. Hindari sering-sering mandi air panas

Orang yang punya kulit ketiak sensitif sebaiknya juga menghindari mandi air panas setiap hari. Sebab, air panas dapat menghilangkan minyak alami di permukaan kulit ketiak.

Jika minyak alami di area tersebut hilang, kulit akan jadi kehilangan kelembapan. Akibatnya, kulit ketiak jadi lebih kering dan rentan mengalami iritasi.

3. Sabunan secukupnya

Kulit ketiak yang cenderung mudah berkeringat dan memunculkan bau, sering kali membuat kita merasa harus menggosoknya dengan banyak sabun ketika mandi. Padahal, cara ini tidaklah tepat.

Pasalnya, kulit ketiak yang terlalu sering digosok sabun justru dapat memicu iritasi. Jadi, gunakan sabun secukupnya dan hindari menggosok ketiak terlalu keras, ya.

The post 3 Tanda Kulit Ketiak Anda Sensitif, dan Cara Jitu Mengatasinya appeared first on Hello Sehat.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of