Teknologi

3 Cara Membuka Laptop yang Terkunci Windows 10 dan Penyebabnya

Cara membuka laptop yang terkunci Windows 10 ini menjadi hal yang Anda butuhkan ketika ingin menyalakan laptop tetapi tidak bisa masuk kembali, entah itu lokal ataupun ke domain. Biasanya pada layar tampil tulisan “Komputer ini terkunci, hanya adminstrator yang bisa membuka kunci ini”.

Selain itu, ada juga pesan error lainnya yaitu perintah untuk “Tekan Ctrl + Alt + Del jika ingin membuka kunci komputer ini”. Nah, jika Anda mengalami masalah yang serupa maka sebaiknya simak tutorial caranya yang telah kami rangkum berikut ini.

Penyebab Laptop Terkunci

Sebelum membahas cara membuka laptop yang terkunci Windows 10, kami akan menjelaskan terlebih dahulu penyebabnya. Penyebab yang pertama yaitu pada saat saver default dibuat khusus supaya menggunakan program screen saver yang tentunya tidak ada di komputer.

Penyebab yang kedua adalah ketika Anda menggunakan screen saver rusak yang dilindungi oleh password atau kata sandi. Hal inilah yang menyebabkan Anda tidak bisa berhasil masuk ke dalam laptop.

Cara Membuka Laptop yang Terkunci Windows 10 dengan Mudah

Cara buka laptop terkunci windows 10 ini bisa digunakan untuk semua merk laptop baik itu laptop Acer, laptop Asus, laptop Toshiba, laptop Samsung, laptop Lenovo ataupun merk lainnya.  Dalam hal ini, ada beberapa cara yang bisa Anda coba praktekkan, diantaranya:

1. Cara Membuka Laptop yang Terkunci dengan Password Reset Disk

Mereset password adalah cara yang paling mudah untuk mengatasi laptop yang terkunci. Password reset disk ini sendiri adalah suatu dokumen yang dibuat di USB atau memori SD Card. Jadi, Anda diharuskan untuk membuatnya terlebih dahulu.

Setelah berhasil membuatnya, tinggal Anda nyalakan laptop lalu masukkan password reset disk. Selengkapnya simak cara berikut ini.

  1. Klik Reset Password pada tampilan layar laptop. Kemudian akan ada tulisan “Welcome to the Password Reset Wizard”.
  2. Pada tampilan tersebut, klik next kemudian pilih password reset disk untuk melanjutkan proses reset kata sandi.
  3. Lalu pada menu selanjutnya Anda akan masuk pada pilihan drive yang menjadi tempat untuk menyimpan password. Dalam hal ini yang dimaksud adalah USB atau CD.
  4. Silahkan masukkan password baru Anda kemudian konfirmasi.
  5. Pilih next, Anda tinggal menunggu hingga prosesnya selesai.

2. Cara Membuka Laptop yang Terkunci dengan Safe Mode

Cara lain yang bisa digunakan untuk membuka laptop yang locking sendiri adalah dengan mengaktifkan safe mode. Safe mode adalah fitur bawaan Windows yang memiliki fungsi untuk mengatasi berbagai masalah sistem yang terjadi pada laptop atau komputer. 

Berikut ini adalah tahapan cara untuk membuka laptop yang terkunci dengan menggunakan safe mode:

  • Siapkan laptop yang terkunci dan nyalakan laptop tersebut.
  • Kemudian tekan F8 ketika laptop masih dalam proses booting. Tunggu sampai layar Advanced Boot Options muncul.
  • Klik Enter, laptop pun akan nyala kembali dengan Safe Mode.
  • Lalu silahkan Anda klik menu Administrator dan klik Start yang ada pada pojok kiri bawah.
  • Jika sudah berhasil masuk ke menu start maka lanjutkan dengan klik Control Panel.
  • Lalu klik User Accounts dan Manage Another Accounts.
Lalu-klik-User-Accounts-dan-Manage-Another-Accounts
  • Sekarang Anda sudah bisa mengubah password pada akun laptop yang Anda miliki.
  • Setelah berhasil menambahkan password baru, pilih menu Change Password.
  • Silahkan restart laptop tersebut. Jika proses restart sudah berakhir maka berarti sudah bisa Anda gunakan kembali. 

Perlu diketahui bahwa safe mode tidak hanya bisa untuk Windows 10, namun juga merupakan cara membuka laptop yang terkunci Windows 7 dan 8. Bagi kamu yang kesusahan bagaimana Cara Masuk Safe Mode Windows 10 serta Cara Keluar dari Safe Mode Windows 10, kamu dapat membaca artikelnya dengan mengklik tautan Bold diatas.

3. Cara Membuka Laptop yang Terkunci dengan Windows Installation Disk

Cara membuka laptop yang tidak bisa dibuka dengan Windows Installation Disk merupakan cara yang paling tepat. Anda juga tak perlu khawatir karena cara membuka laptop yang terkunci Windows 10 ini tidak akan membuat data-data penting yang ada pada laptop menjadi rusak atau hilang.

Panduan cara membuka laptop yang terkunci dengan menggunakan Windows Installation Disk adalah sebagai berikut ini:

  1. Pertama masukkan terlebih dahulu CD/DVD instalasi Windows. Lalu restart laptop yang sudah terkunci.
  2. Kemudian paksa laptop agar bisa masuk ke mode BIOS. Anda bisa membuat perangkat boot pertama yang ada pada CD/DVD lalu simpan perubahan. 
  3. Langkah selanjutnya adalah keluar dari pengaturan boot dan buka CMD dengan cara menekan tombol Shift + F10. Masukkan perintah move d:Windowssystem32utilman.exe d:Windowssystem32utilman.exe.bak. Kemudian tekan tombol Enter.
  4. Jika sudah menerima pesan 1 file (s) moved maka langsung masukkan perintah lainnya, yakni copy d:Windowssystem32cmd.exe d:Windowssystem32utilman.exe dan tekan tombol Enter.
  5. Selanjutnya jika sudah menerima pesan 1 file (s) copied, masukkan kembali perintah lainnya yakni wpeutil reboot dan tekan Enter.
  6. Laptop kemudian akan melakukan restart. Setelah proses ini maka segera keluarkan CD/DV yang ada di dalam laptop.
  7. Jika ingin mereset password, langsung saja klik ikon Ease of Acces.
  8. Anda akan dibawa masuk ke CMD ultiman.exe. Masukkan perintah net user Jack ABC123 dan tekan tombol Enter. Ini hanyalah contoh, untuk Jack bisa diganti dengan username Anda sendiri. Sedangkan untuk ABC123 bisa diganti dengan kata sandi atau password baru Anda.
  9. Terakhir, Anda akan mendapatkan pesan yang bertuliskan “The Command completed succesfully”. Lakukan reboot pada laptop tersebut.

Sekian dulu pembahasan yang dapat kami suguhkan tentang Cara Membuka Laptop yang Terkunci Windows 10. Semoga bisa dijadikan sebagai referensi yang paling tepat bagi Anda yang sedang mencari solusi atas problem laptop yang terkunci. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya ! 

The post 3 Cara Membuka Laptop yang Terkunci Windows 10 dan Penyebabnya appeared first on F-Tips.