Peristiwa

3 Cara Membuat Empek Empek Tanpa Ikan, Praktis, Murah dan Tak Kalah Lezat

googleberita

Googleberita.com, Jakarta Siapa yang tak tahu pempek atau empek empek? Makanan khas Palembang ini sudah sangat terkenal dengan cita rasanya yang menggugah selera. Makin lezat kala disantap dengan cuko yang bercita rasa manis, asam dan pedas. Menurut sejarahnya, empek empek telah ada di Palembang sejak abad ke-16. Nama pempek sendiri diambil dari kata empek-empek, atau pek-pek yang menjadi sebutan laki-laki tua pada pria Tionghoa.

Berkat ketenarannya, empek empek bisa dinikmati tanpa harus ke Palembang lho. Pasalnya, saat ini hampir disetiap sudut kota ada penjaja kudapan gurih satu ini. Bahkan empek empek juga di ekspor ke mancanegara. Di antarannya Malaysia, Singapura, Vietnam, dan Thailand.

Jenis Empek Empek

Empek empek sendiri memiliki beragam jenis. Seperti kapal selam, lenjer, bulat dan lainnya. Lazimnya, empek-empek dibuat dengan bahan dasar daging ikan yang digiling lembut dicampur dengan tepung. Eits, tapi buat kamu yang nggak memiliki persediaan ikan tetap bisa membuat empek-empek lho. Berikut ini ragam cara membuat empek empek tanpa ikan yang bisa kamu contek. Cocok buat kamu yang ingin masak dengan budget terbatas.

1. Cara membuat empek empek tanpa ikan

Nah, dirangkum Googleberita.com dari berbagai sumber Minggu (21/10/2018) begini cara membuat empek empek tanpa ikan versi pertama.

Bahan-bahan yang diperlukan: 

– 500 gram tepung tapioka

– 250 gram tepung terigu

– 1 butir telur

– 1 sdm minyak goreng

– 1 bks penyedap rasa ayam

– 2 sdt garam

– 500 ml air hangat

Cara membuat empek empek  

1. Campur tepung tapioka, tepung terigu, garam, penyedap rasa, telur dan minyak goreng. Tambahkan air hangat sedikit demi sedikit. Kemudian campur adonan hingga tercampur rata. Uleni adonan hingga kalis. Bentuk adonan sesuai selera. Sisihkan.

2. Rebus air hingga mendidih, tambahkan sedikit garam dan minyak agar empek empek tidak lengket. Masukkan empek empek yang sudah dibentuk. Biarkan hingga matang dan mengapung. Tiriskan. Empek empek buatanmu siap disajikan dengan cuko.

2. Cara Membuat Empek-Empek Tanpa Ikan Versi Lain

Ingin mencoba cara membuat empek empek tanpa ikan versi lainnya? Yuk langsung simak resep berikut ini.

Bahan-bahan:

– 120 gr tepung terigu

– 250 ml air

– 2 sdt garam

– 2 siung bawang putih, haluskan

– 1/2 sdt gula putih

– 200 gr tepung tapioka

– 2 butir telur

Cara membuat empek empek tanpa ikan: 

1. Didihkan air dan masukkan bumbu gula, garam dan bawang putih. Masak hingga mendidih. Matikan api. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk rata hingga jadi bubur. Lanjutkan dengan memasukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis. Masukkan telur dan aduk rata. Bentuk adonan sesuai selera. Sisihkan.

2. Rebus air hingga mendidih, tambahkan sedikit garam dan minyak agar empek empek tidak lengket saat direbus. Masukkan empek empek dan biarkan hingga matang dan mengapung. Tiriskan. Lalu goreng. Nikmati selagi hangat dengan kuah cuko.

3. Cara membuat empek empek rebon goreng tanpa ikan

Bahan-bahan:

– 6 sdm tepung terigu

– 6 sdm tepung tapioka

– 2 siung bawang putih

– 2 sdm udang rebon

– air secukupnya

Cara membuat empek empek rebon goreng tanpa ikan

Haluskan bawang putih, udang rebon dan garam. Masukkan bumbu ke tepung dan tuang air secukupnya. Tuang air panas secukupnya, sedikit demi sedikit hingga kalis dan bisa dibentuk. Panaskan minyak. Buat bulatan-bulatan adonan dan masukkan ke minyak panas. Angkat ketika sudah mengapung dan matang kecokelatan. Santap saat masih hangat.

Cara Membuat Kuah Cuko Sendiri

Meski tanpa ikan, cara membuat empek empek ini dijamin enak dan rasanya nggak mengecewakan. Menyantap empek empek kurang lengkap tanpa kuah cuko. Nah, berikut ini cara membuat kuah cuko sendiri. 

Bahan-bahan:

– 500 ml air

– 1 sdm ebi

– 2 sdm gula merah, sisir

– 3 butir asam jawa

– 6 siung bawang putih

– 5 buah cabai rawit (sesuai selera)

– 3 buah cabai keriting

– garam dan gula pasir secukupnya

Cara membuat: 

– Haluskan bawang putih, ebi, cabai, dan asam. Rebus air, masukkan bumbu halus, gula dan garam hingga larut. Matikan api. Sajikan.

– Nah, itu tadi cara membuat empek empek tanpa ikan yang praktis. Empek empek tanpa ikan buatanmu siap dinikmati dengan cuko.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of