Teknologi

3 Cara Hide Taskbar Windows 10, Sembunyikan, dan Memindahkannya

Taskbar yang terletak di bagian bawah tampilan desktop komputer merupakan salah satu bagian tak terpisahkan dari sistem operasi Windows. Taskbar yang ada pada desktop bukan sesuatu yang paten dan bisa disembunyikan. Bagi pengguna sistem operasi Windows 10, ada beberapa cara hide taskbar Windows 10. Anda bisa mendapat informasinya dengan menyimak penjelasan di bawah ini:    

Kegunaan Taskbar

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, taskbar merupakan tools pada Windows yang bermanfaat. Graphic user interface (GUI) atau grafis antarmuka yang diperkenalkan pertama kali pada Windows 95 ini memiliki fungsi utama dalam memudahkan akses terhadap program atau aplikasi yang ditampilkan pada desktop dalam kondisi minimized.

Tak hanya itu, taskbar juga menampilkan beberapa hal seperti tanggal, jam, volume dan sisa daya pada baterai yang membantu pengguna. Taskbar juga dapat membantu pengguna untuk menyambungkan komputer dengan koneksi internet.

Sejak pembuatan Windows 7 hingga kini, taskbar telah mengalami pengembangan yang membantu pengguna untuk memberikan perintah, mengakses aplikasi, serta melihat secara langsung status program yang ada pada taskbar.  

Cara Hide Taskbar Windows 10 pada PC atau Laptop

Meskipun menjadi bagian yang cukup penting, sebagian orang mungkin ingin menyembunyikan (hide) taskbar dengan berbagai alasan. Berikut beberapa alternatif yang bisa Anda gunakan untuk menyembunyikan taskbar:

1. Dari Menu Settings

Cara termudah menyembunyikan taskbar adalah lewat menu ‘Settings’ pada komputer. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Klik ‘Start’ lalu pilih ‘Settings’ (ikon gir).
  2. Pilih ‘Personalization’ lalu pilih bagian ‘Taskbar’.
  3. Cari opsi ‘Automatically hide the taskbar in desktop mode’ dan geser titik pada mode ‘On’ untuk menyembunyikan taskbar. Bila ingin memunculkan kembali taskbar, cukup geser kembali titik pada pada opsi ‘Automatically hide the taskbar in desktop mode’ pada mode ‘Off’.
Cari-opsi-Virtualization-Technology-dan-ubah-statusnya-menjadi-Enabled.

Selain melalui menu ‘Start’, Anda juga bisa langsung menyembunyikan taskbar dengan klik kanan pada area taskbar lalu pilih ‘Taskbar Settings’. 

2. Melalui Registry Editor

Tak hanya melalui menu Settings pada PC/laptop, Anda bisa menghilangkan taskbar dengan bantuan Registry Editor atau Regedit. Sebagai informasi, Regedit merupakan aplikasi yang dapat menyimpan informasi-informasi internal dalam komputer sehingga pengguna dapat mengecek serta mengedit Registry Windows.

Berikut cara hide taskbar Windows 10 dengan bantuan Regedit:

  1. Klik ‘Start’ (logo Windows) pada komputer.
  2. Cari Registry Editor pada kolom ‘Search’ lalu klik dua kali untuk membuka.
  3. Pada kolom search, ketikkan ‘ComputerHKEY_CURRENT_USERSoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersionExplorerStuckRects3’ sebagai perintah.
  4. Pada jendela utama, pilih folder ‘StuckRects3’, kemudian klik dua kali pada ‘Settings’.
  5. Setelah muncul jendela ‘Edit Binary Value’, cari baris ‘00000008’ lalu perhatikan kolom pertama yang berisi angka ‘03’. Klik angka tersebut lalu ganti dengan angka ‘02’ dan klik ‘OK’ setelahnya 
Setelah-muncul-jendela-‘Edit-Binary-Value-cari-baris-‘00000008-lalu-perhatikan-kolom-pertama-yang-berisi-angka-‘03.-Klik-angka-tersebut-lalu-ganti-dengan-angka-‘02-dan-klik-‘OK-setelahnya
  • Bila ingin memunculkan taskbar kembali, Anda bisa mengganti angka ‘02’ pada baris ‘00000008’ dengan angka ’03’ lalu klik ‘OK’. 

3. Gunakan Command Prompt

Selain Regedit, Command Prompt juga bisa menjadi alternatif lain untuk menyembunyikan taskbar. Command Prompt atau yang juga disebut CMD adalah aplikasi pada sistem operasi Windows yang berfungsi untuk menerjemahkan baris perintah. 

Ikuti langkah-langkah berikut jika ingin menggunakan aplikasi tersebut untuk menyembunyikan taskbar:

  1. Klik ‘Start’ (logo Windows) pada komputer.
  2. Cari Command Prompt pada kolom ‘’Search”. Setelahnya, klik kanan kemudian pilih ‘Run as administrator’.
  3. Ketik ‘powershell -command “&{$p=’HKCU:SOFTWAREMicrosoftWindowsCurrentVersionExplorerStuckRects3′;$v=(Get-ItemProperty -Path $p).Settings;$v[8]=3;&Set-ItemProperty -Path $p -Name Settings -Value $v;&Stop-Process -f -ProcessName explorer}”’ untuk menyembunyikan taskbar.
  4. Untuk memunculkan taskbar kembali, buka Command Prompt lalu ketik ‘powershell -command “&{$p=’HKCU:SOFTWAREMicrosoftWindowsCurrentVersionExplorerStuckRects3′;$v=(Get-ItemProperty -Path $p).Settings;$v[8]=2;&Set-ItemProperty -Path $p -Name Settings -Value $v;&Stop-Process -f -ProcessName explorer}”’.

Cara Hide Taskbar Windows 10 Pada Tablet atau Laptop dengan Layar Sentuh

Cara-Hide-Taskbar-Windows-10-Pada-Tablet-atau-Laptop-dengan-Layar-Sentuh Cara Hide Taskbar Windows 10

Pengguna tablet atau laptop layar sentuh dengan OS Windows juga bisa menyembunyikan taskbar pada desktop. Caranya pun tidak jauh berbeda dengan PC/laptop. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Klik pada area taskbar selama beberapa saat, setelah muncul opsi, pilih ‘Taskbar Settings’  
  2. Setelah muncul jendela ‘Taskbar’, cari opsi ‘Automatically hide the taskbar in tablet mode’ (pada tablet) dan ‘Automatically hide the taskbar in desktop mode’ (pada desktop layar sentuh) lalu geser titik pada mode ‘On’ untuk menyembunyikan taskbar.
  3. Bila ingin memunculkan kembali taskbar, cukup geser kembali titik pada pada opsi ‘Automatically hide the taskbar in desktop mode’ dan opsi ‘Automatically hide the taskbar in tablet mode’ pada mode ‘Off’.

Menyembunyikan Taskbar pada Beberapa Layar

Menyembunyikan taskbar bisa dilakukan pada beberapa layar sekaligus. Hal ini dapat membantu Anda yang bekerja menggunakan lebih dari satu monitor. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke jendela pengaturan taskbar dengan klik ‘Start’ lalu pilih menu ‘Settings’ (bisa juga dengan klik kanan pada area taskbar, lalu pilih ‘Taskbar settings’.
  2. Gulir ke bawah hingga menemukan menu ‘Multiple Displays’.
  3. Geser titik pada bagian ‘Show taskbar on all displays’ hingga menjadi ‘Off’.
Geser-titik-pada-bagian-‘Show-taskbar-on-all-displays-hingga-menjadi-‘Off Cara Hide Taskbar Windows 10
  • Anda juga bisa memunculkan atau menggabungkan tombol atau aplikasi pada taskbar dengan memilih pada bagian ‘Show taskbar buttons on’ dan ‘Combine buttons on other taskbar’.       

Memindahkan Taskbar  

Memindahkan-Taskbar Cara Hide Taskbar Windows 10

Keberadaan taskbar mungkin tidak menjadi masalah bagi sebagian orang, hanya saja mungkin mereka tidak ingin taskbar berada di posisi aslinya yaitu di bawah. Berikut cara yang bisa dilakukan bila ingin mengganti posisi taskbar:

  1. Masuk ke jendela pengaturan taskbar kemudian gulir hingga menemukan bagian ‘Taskbar location on screen’.
  2. Pilih posisi taskbar yang diinginkan, yaitu bawah (Bottom), atas (Top), kiri (Left), atau kanan (Right).

Semoga penjelasan seputar cara hide taskbar Windows 10 beserta cara memindahkan posisinya dapat membantu Anda yang membutuhkan tips di atas.

The post 3 Cara Hide Taskbar Windows 10, Sembunyikan, dan Memindahkannya appeared first on F-Tips.