Politik

25 Warga Kabupaten Pasuruan Tercatut Namanya di Parpol

25 Warga Kabupaten Pasuruan Tercatut Namanya di Parpol.

Pasuruan (beritajatim.com) -Sebanyak 25 warga Kabupaten Pasuruan telah dicatut namanya sebagai anggota partai politik. Hal ini diketahui setelah warga mengecek Nomer Induk Kependudukan (NIK) yang terdapat di laman portal infopemilu.kpu.go.id.

Hal ini dikatakan langsung oleh Anggota Komisioner KPU Kabupaten Pasuruan Divisi Teknis Penyelenggaraan, Imatuz Zahro. Imatuz mengetahui setelah warga mengadu ke KPU. “Kami mendapati aduan dari beberapa masyarakat terkait adanya pencatutan namanya yang masuk dalam keanggotaan partai politik. Kurang lebih ada 25 warga yang mengadu setelah mengecek di portal pemilu dan dicocokkan,” jelasnya, Kamis (22/9/2022).

Baca Juga:

    Dari 25 warga tersebut terdapat dari beberapa profesi salah satunya yakni pengajar di sebuah sekolah. Mereka mengatakan bahwa mereka tidak pernah terlibat dalam partai politik. Sehingga pihak KPU akan menyampaikan hal ini ke KPU RI untuk segera ditindak lanjuti. Selanjutnya untuk menyampaikan ke masing-masing parpol untuk menghapus data.

    Ketua KPU Kabupaten Pasuruan, Zainul Faizin menegaskan, pencatutan nama sebagai keanggotaan partai politik, tentu bisa berefek besar. Apalagi, bagi ASN, TNI-Polri dan aparatur negara lainnya.

    Bahkan, masyarakat umum lain, yang sebenarnya bukan merupakan keanggotaan partai politik. Karena, bisa berpengaruh terhadap profesinya. “Kami kembalikan ke anda, sebagai wartawan misalnya. Ternyata saat dicek di informasi pemilu itu, tercatat sebagai anggota partai politik,” jelasnya.

    Hal ini ditujukan, untuk memastikan. Apakah nama yang bersangkutan tidak terdaftar dalam keanggotaan partai politik. (ada/kun)




    Ikuti kami di google berita https://bit.ly/3vWew0y
    #beritaviral #jawatimur #viral #berita #beritaterkini #terpopuler #news #beritajatim #infojatim #newsupdate #FYI