Lifestyle

15 Rekomendasi Merk Memory Card Terbaik

Merk Memory Card Terbaik

Memiliki memory card terbaik adalah solusi yang paling tepat buat kamu yang ingin memiliki memori penyimpanan tambahan yang aman namun terjangkau, baik untuk penggunaan smartphone atau pun kamera. Apalagi buat kamu yang gemar mendownload film melalui smartphone kamu, tentu kamu memerlukan memori tambahan untuk menyimpan film-film yang kamu download.

Memory Card juga sangat berguna bagi seluruh gadget yang bersifat mobile, sehingga lebih praktis dan riangan. Kartu memori dengan ukuran mungil ini sangat kuat, mampu menampung banyak data. Sedikit informasi bahwa kartu memori itu ada beberapa macam, diantaranya XD Card (Extreme Digital), CF card (Compact Flash), SD Card (Secure Digital), dan mungkin masih ada banyak lagi. Namun satu yang paling populer adalah jenis SD Card (Secure Digital).

Saat ini, ada begitu banyak perangkat yang menggunakan kartu memori kecil ini. Dari ponsel dan kamera, ke laptop dan bahkan Nintendo Switch. Nah buat kamu yang ingin membeli memory card, Berikut tips memilih memory card yang tepat.

Tips memilih memory card yang tepat

1. Sesuaikan jenis memory card dengan tujuan penggunaan

SD card memiliki tiga jenis, yakni SD card, SDHC card, dan SDXC card. Setiap jenis kartu ini memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Maka dari itu, kamu perlu menyesuaikan tujuan penggunaan kamu dengan jenis SD card dan spesifikasi yang ada.

Nah berikut adalah beberapa jenis memory card yang berdasarkan kapasitasnya:

  • SDSC

    SDSC merupakan singkatan dari Secure Digital Standard Capacity. Jenis SD card ini memiliki kapasitas memori yang kecil. Meskipun demikian, kartu ini memiliki kompatibilitas yang tinggi dan bisa digunakan pada kamera digital lama. Selain itu, harga jenis SD card ini lebih terjangkau sehingga kamu bisa membeli kartu baru saat kapasitasnya penuh. Kamupun bisa menggunakan SD card ini sebagai media penyimpan foto koleksi kamu.

  • SDHC

    Kalo SDHC ini singakatan dari Secure Digital High Capacity. Kapasitas yang dimiliki lebih besar dari SDSC. Jenis kartu ini memiliki performa yang baik dengan harga terjangkau. Kartu SDHC merupakan standar SD card yang digunakan untuk menjalankan berbagai aplikasi. Dengan begitu, kamu dapat memotret banyak foto dan dan merekam video saat bepergian dengan satu SDHC.

    Yang perlu kamu ingat, bahwa SDHC ini hanya bisa digunakan pada perangkat yang compatible dengan format SDHC saja. Bila kamu punya perangkat yang mendukung SDHC, sementara memori yang kamu punya itu SDSC, gak perlu risau, gak perlu galau, perangkat kamu tetap bisa membaca format SDSC, meskipun kurang maksimal.

  • SDXC

    Sementara SDXC atau Secure Digital eXtended Capacity memiliki kapasitas memori paling besar dari yang lainnya. SDXC card biasa digunakan untuk pemotretan foto beresolusi tinggi dan perekaman video dalam waktu yang lama. Namun, jenis SD card ini cenderung mahal sehingga akan lebih cocok untuk profesional.

2. Pilih memory card sesuai ukuran slot gadget kamu

Tips selanjutnya untuk memilih memory card yang tepat adalah menyesukaikan ukuran memory card dengan slot gadget yang ingin kamu tambahi memory penyimpanan. Ada 3 ukuran memory card yaitu SD Card, MiniSD, dan MicroSD, sejauh yang delimun ketahui.

  • SD Card (MMC)

    SD card merupakan Jenis memori yang memiliki ukuran 24 x 32 mm dan ketebalan 2.1 mm. Kartu memori ini dinamai secure (aman) karena telah memiliki Content Protection for Recordable Media (CPRM) untuk mencegah pembajakan serta adanya Write-Protect tab yang mencegah penghapusan isi memori secara tidak sengaja. SD Card ini paling umum digunakan untuk kamera digital atau DSLR.

  • MiniSD

    MiniSD yang memiliki ukuran 20 x 21,5 mm dan ketebalan 1,4 mm serta memori Memori ini sangat cocok untuk dipasang di smartphone atau MP3 player. Saat ini penggunakan MiniSD sudah mulai jarang karena tergantikan dengan MicroSD yang lebih canggih.

  • MicroSD

    Sedangkan yang paling tipis dan ringan adalah MicroSD dengan panjang 11mm, lebar 15mm, ketebalan 1mm. MicroSD sekarang ini digunakan pada berbagai macam gadget seperti Tablet dan Smartphone, bahkan kamera DSLR. Bahkan MicroSD bisa berubah menjadi MiniSD atau SD Card, dengan menambahkan adaptor (rumah memory card) seukuran mereka.

3. Pilih memory card dengan speed class tinggi

Tips selanjutnya untuk memilih memory card terbaik adalah dengan memilih speed class tinggi. Kecepatan sebuah memory card diukur dari seberapa cepat informasi dapat dibaca atau ditulis ke dalam kartu tersebut. Pada perangkat yang membutuhkan proses menulis data yang terus menerus, seperti video recorder, perangkat tersebut mungkin tidak akan bekerja secara maksimal jika memori card yang digunakan memiliki kecepatan yang rendah.

Untuk melihat Class dari memori SD card sangatlah mudah karena kamu hanya tinggal melihat icon lingkaran yang membentuk huruf C dan di dalamnya ada angka yang menunjukkan Class dari SD card tersebut. Class dari SD card menandakan kecepatan dari SD card tersebut, yang terbagi menjadi 5 jenis:

  • Class 0 tidak memiliki kemampuan transfer rate minimum yang spesifik
  • Class 2 memiliki kemampuan transfer rate minimum 2 MB/s, kecepatan paling rendah untuk Micro SDHC
  • Class 4 memiliki kemampuan transfer rate minimum 4 MB/s
  • Class 6 memiliki kemampuan transfer rate minimum 6 MB/s
  • Class 10 memiliki transfer rate kemampuan minimum 10 MB/s

Saat ini ada juga yang disebut dengan UHS Speed Class dan Video Speed Class. Tentu saja keduanya memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan Class sebelumnya.

Untuk UHS Speed Class ada dua kelas berbeda yakni UHS Speed Class 1 dan UHS Speed Class 3. Sedangkan untuk Video Speed Class ada 5 kelas berbeda yakni Video Speed Class 6, 10, 30, 60, dan 90. Berikut kecepatan untuk UHS Speed Class dan Video Speed Class:

  • UHS Speed Class 1 memiliki transfer rate kemampuan minimum 10 MB/s
  • UHS Speed Class 3 memiliki transfer rate kemampuan minimum 30 MB/s
  • Video Speed Class 6 memiliki transfer rate kemampuan minimum 6 MB/s
  • Video Speed Class 10 memiliki transfer rate kemampuan minimum 10 MB/s
  • Video Speed Class 30 memiliki transfer rate kemampuan minimum 30 MB/s
  • Video Speed Class 60 memiliki transfer rate kemampuan minimum 60 MB/s
  • Video Speed Class 90 memiliki transfer rate kemampuan minimum 90 MB/s

4. Pilih memory card yang dapat terhubung dengan Wi-Fi

Beberapa produk memory card mempunyai fitur yang dapat terhubung dengan Wi-Fi. Fitur ini memudahkan kamu untuk mentransfer foto dan video tanpa harus terhubung ke komputer terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu dapat langsung mengunggah hasil jepretan ke album online atau situs berbagi foto. Tidak hanya itu, kamu juga dapat mentransfer langsung file yang tersimpan ke iPad, iPhone, atau Android.

5. Pilih memory card yang tahan lama

Untuk menjaga file tetap aman, sebaiknya pilih memory card yang kuat dan tahan lama. Pilihlah memory card yang tahan terhadap guncangan, perubahan suhu, radiasi, getaran, medan magnet, listrik statis, dan lainnya. Ada produk SD card yang data di dalamnya bisa hilang dan tidak bisa diakses lagi pada saat rusak. Namun, beberapa produk lainnya mempunyai tingkat ketahanan yang cukup kuat untuk menjaga data yang tersimpan tetap ada. Jadi, jangan lupa periksa tingkat ketahanan SD card sebelum membeli.

Setelah mengetahui beberapat tips yang tepat untuk memilih memory card terbaik, berikut beberapa rekomendasi merk memory card terbaik versi Blog Unik yang bisa kamu jadikan referensi sebelum membeli memory card. Let’s check it out guys!

15 Rekomendasi Merk Memory Card Terbaik

1. SanDisk Ultra SDXC UHS-I Class 10 SD Card (100mb/s) 128GB

Rekomendasi Merk Memory Card Terbaik - SanDisk Ultra SDXC UHS-I Class 10 SD Card (100mb/s) 128GB

photo via jakartanotebook.com

Rekomendasi memory card terbaik pertama yang bisa kamu pertimbangkan datang dari merk SanDisk. Merk Sandisk memang sudah tidak asing di pasaran SD Card. Pasalnya merk ini sudah sejak lama mendominasi terutama dengan produk microSD besutannya. Merk kartu microSD Sandisk menawarkan produk microSD dengan performa maksimal, cocok untuk kamera resolusi tinggi.

Salah satunya adalah tipe SanDisk Ultra SDXC UHS-I Class 10 SD Card (100mb/s) yang berkapasitaskan 128 GB, memory card ini mampu menyimpan data lebih banyak. Ribuan foto bahkan puluhan video beresolusi tinggi. Kartu memori ini juga anti air dan anti guncangan sehingga aman dibawa kemanapun. Namun, karena bentuknya kecil, kalian harus berhati-hati agar tidak hilang. Sebaiknya simpan di slot kartu memori atau di tempat khusus yang mudah ditemukan. Dengan kapasitas yang besar, memory card ini bisa kamu miliki dengan harga sekitar Rp 344.000.

2. ADATA Premier Pro SDXC UHS-I U3 Class 10 Memory Card 64 GB

Rekomendasi Merk Memory Card Terbaik - ADATA Premier Pro SDXC UHS-I U3 Class 10 Memory Card 64 GB

photo via omega-computer.com

Merk memory card terbaik selanjutnya yang aman untuk digunakan datang dari merk ADATA. Dengan tipe ADATA Premier Pro SDXC UHS-I U3 Class 10, memory card ini memiliki kapasitas 64 GB yang mampu menampung data kamu. ADATA Premier Pro ini telah dilengkapi fitur error correcting code (ECC). Fitur tersebut meminimalisasi terjadinya error saat SD card digunakan atau mengirimkan data. Menariknya, memory card terbaik ini juga memiliki daya tahan yang baik karena produknya melewati pengujian secara ketat. Produk ini dikenal waterproof, shockproof, X-ray proof, anti-static, dan tahan terhadap suhu ekstrem. Sehingga cocok dibawa untuk traveling. Memory card satu ini bisa kamu beli dengan harga yang cukup terjangkau yakni sekitar Rp 362.000.

3. Toshiba Exceria Pro N502 32 GB

Rekomendasi Merk Memory Card Terbaik - Toshiba Exceria Pro N502 32 GB

photo via blibli.com

Ngomongin tentang memory card terbaik, tentu memory card dari merk Toshiba nggak boleh dilupakan. Salah satu memory card terbaik keluaran Toshiba adalah Toshiba Exceria Pro N502. Dengan kapasitas 32 GB, memory card ini mendukung penggunaan perangkat dengan perekaman beresolusi tinggi. Produk ini didesain untuk videographer profesional yang merekam video beresolusi tinggi, tidak hanya 4K tetapi juga 8K. SD Card ini juga dapat digunakan untuk kebutuhan perekaman mode live-action.

Tak hanya itu, memory card terbaik ini juga bisa digunakan di kondisi ekstrem. Produk ini mampu bertahan di suhu minus 20 hingga 85 derajat Celsius. Selain itu, SD card ini juga aman dari paparan sinar-X. Sehingga kamu tidak perlu khawatir SD card akan rusak saat melewati pemeriksaan sinar-X di bandara. Ada kualitas, ada harga, memory card terbaik dari Toshiba ini dijual dipasaran dengan harga sekitar Rp 805.000.

4. Lexar Professional 633x 1TB

Rekomendasi Merk Memory Card Terbaik - Lexar Professional 633x 1TB

photo via lexar.com

Selanjutnya ada merk memory card terbaik dari Lexar. Memory card dari merk Lexar ini terkenal akan kecepatannya yang optimal. Selain itu, microSD merk Lexar memiliki kapasitas yang besar, sehingga cocok digunakan untuk berbagai keperluan multimedia yang membutuhkan kapasitas besar serta tingkat mobilitas tinggi.

Salah satu memory card terbaik yang dikeluarkan oleh Lexar adalah Lexar Professional 633x. SD card keluaran Lexar ini memiliki kapasitas penyimpanan paling besar, yakni 1 terabyte, setara 1000 GB. Jadi kamu bisa menyimpan banyak foto dan video beresolusi tinggi dengan durasi panjang. Memory card terbaik ini juga kompatibel dengan gambar berkualitas tinggi, mulai dari 1080p Full-HD hingga video 4K. Bahkan kamu bisa menggunakan memory card ini sebagai media penyimpanan sementara untuk menggantikan hardisk eksternal. Nah untuk harga, memory card berkapasitas 1 TB dari Lexar ini dijual dengan harga sekitar Rp 3.500.000.

5. PNY Elite Performance Class 10 U3 512 GB

Rekomendasi Merk Memory Card Terbaik - PNY Elite Performance Class 10 U3 512 GB

photo via blibli.com

Memory card terbaik lain yang juga bisa dijiadikan andalan dalam menyimpan foto-foto dan video untuk sementara adalah memory card dari merk PNY. Salah satu variannya yakni PNY Elite Performance Class 10 U3 berkapasitas 512 GB merupakan yang terbaik untuk dipertimbangkan. PNY Elite Performance ini mampu menangkap gambar secara beruntun (burst mode) dengan kualitas HD. Bahkan, SD card ini juga dapat digunakan untuk merekam video 4K Ultra HD. Jadi, kamu tidak akan melewatkan banyak momen berharga dengan kamera dan SD card kamu.

6. Eye-Fi Pro X2 Wireless SDHC Card Class 10 16 GB

Rekomendasi Merk Memory Card Terbaik - Eye-Fi Pro X2 Wireless SDHC Card Class 10 16 GB

photo via fstoppers.com

Selanjutnya ada memory card terbaik yang datang dari merk Eye-Fi. Melalui varian Eye-Fi Pro X2 Wireless SDHC Card Class 10 yang memiliki kapasitas sebesar 16 GB memory card ini mendukung pengiriman data jpeg dan RAW. Kemudian, format file video yang dapat dikirimkan adalah mpg, mov, mp4, m4v, dan masih banyak lagi. Uniknya lagi, memory card ini dilengkapi dengan Wi-Fi sehingga mampu mengirimkan file foto dan video secara nirkabel dengan beragam format. Jadi kamu bisa langsung upload foto ataupun video kamu ke media sosial. Memory card terbaik keluaran Eye-Fi ini sendiri dibandrol dengan harga lumayan tinggi yakni sekitar Rp 931.000.

7. Transcend SDHC 700S UHS-II U3 32 GB

Rekomendasi Merk Memory Card Terbaik - Transcend SDHC 700S UHS-II U3 32 GB

photo via newegg.com

Memory card dari merk Transcend juga menjadi salah memory card terbaik yang kami rekomendasikan buat kalian yang menginginkan memory card dengan kecepatan pengiriman yang optimal. Salah satu varian memory card terbaik dari Transcend adalah Transcend SDHC 700S UHS-II U3 dengan kapasitas 32 GB. Yang menjadikan memory card satu ini unggul dibanding yang lain adalah adanya software RecoveRx. Aplikasi tersebut mampu mengembalikan data yang tidak sengaja terhapus. Jenis file yang bisa dipulihkan pun berbagai macam, mulai foto, dokumen, lagu, hingga video. Kamupun bisa mendapatkan kartu memori terbaik ini dengan harga Rp 555.000.

8. Toshiba FlashAir Wireless Card 32GB WIFI SD CARD Flash Air W-04 UHS 3

Rekomendasi Merk Memory Card Terbaik - Toshiba FlashAir Wireless Card 32GB WIFI SD CARD Flash Air W-04 UHS 3

photo via shopee.co.id

Kembali lagi dari merk Toshiba, kali ini tipe Toshiba FlashAir W-04 menjadi salah satu memory card terbaik yang patut diperhitungkan. Memory card dengan kapasitas sebesar 32GB ini mampu terhubung dengan tujuh perangkat dalam waktu yang sama. Kamu bisa menghubungkannya ke smartphone maupun laptop sekaligus. Memory card ini juga kompatibel dengan Wi-Fi, sehingga kamu bisa mengirim data seperti video ataupun foto secara nirkabel. Keunggulan lainnya, produk ini dilengkapi fitur Eyefi Connected. Fitur tersebut akan mencegah kamera mati secara otomatis saat SD card terhubung dengan perangkat lainnya. Toshiba FlashAir W-04 inipun dijual dengan harga sekitar Rp 658.000.

9. Samsung EVO Plus microSD Memory Card 512 GB

Rekomendasi Merk Memory Card Terbaik - Samsung EVO Plus microSD Memory Card 512 GB

photo via samsung.com

Tak mau kalah, Samsung juga memiliki produk memory card terbaik di kelas 10 UHS-I U3 yang bernama Samsung EVO Plus dengan kapasitas sebesar 512 GB. Hal ini tentu membuat produk microSD ini sangat cocok untuk kegiatan merekam video 4K Ultra HD. Selain itu, dengan kecepatan menulis data Up to 90 MB/s dan kecepatakan membaca data Up to 100 MB/s kamu bisa memindahkan file dan data tanpa hambatan. Sebagai salah satu produk kelas atas, microSD Samsung EVO plus telah dibuat tahan banting serta bergaransi 10 tahun. Kartu memori ini diklaim memiliki ketahanan luar biasa, khususnya di lautan. MicroSD ini mampu bertahan hingga 72 jam di air laut. Kemudian, produk ini juga mampu bertahan di suhu ekstrem, sinar-X, dan area magnetik. Memory card terbaik kelas atas ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 2.300.000.

10. Sandisk Extreme PRO microSDXC UHS-I 1 TB

Rekomendasi Merk Memory Card Terbaik - Sandisk Extreme PRO microSDXC UHS-I 1 TB

photo via shopee.co.id

Satu lagi rekomendasi merk memory card terbaik yang bisa kamu perhitungkan adalah Sandisk Extreme PRO microSDXC UHS-I. Dengan kapasitas sebesar 1 TB kamu dapat menyimpan banyak file besar. Selain untuk menyimpan file, produk ini juga ideal digunakan untuk smartphone Android, khususnya flagship. Menggunakan spesifikasi A2, kinerja aplikasi pada smartphone pun menjadi luar biasa. Memory card ini dilengkapi dengan kecepatan menulis data Up to 90 MB/s dan kecepatan membaca data Up to 170 MB/s. Memory card terbaik ini mampu bertahan dicuaca ekstrem, tahan air dan sinar-X. Keunggulan lainnya, kartu memori terbaik ini memberikan garansi seumur hidup buat kamu yang ingin memilikinya. Menjadi salah satu memory card terbaik dengan kapasitas besar dan berbagai keunggulan yang dimilikinya, memory card satu ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 7.527.000.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa rekomendasi merk memory card terbaik yang patut kamu pertimbangkan untuk keperluan storage. Dengan rekomendasi memory card diatas, kamu bisa menyimpan banyak file besar untuk sementara ketika berpergian dan aktivitas memindahkan data dalam jumlah besar bisa menjadi lebih cepat tanpa hambatan. Semoga artikel kali ini bermanfaat!

The post 15 Rekomendasi Merk Memory Card Terbaik appeared first on Blog Unik.