Lifestyle

10 Cara Mengatasi Pergelangan Kaki Bengkak saat Hamil

Banyak ibu hamil yang mengalami bengkak pada pergelangan kaki. Rasanya pasti tidak nyaman jika Anda berjalan dan beraktivitas. Selalu ingin mengistirahatkan dan meluruskannya untuk memberi rasa lega. Tak perlu cemas, ini masalah umum yang dialami selama masa kehamilan. Maka itu, yuk ketahui cara mengatasi bengkak pada pergelangan kaki saat hamil.

Mengatasi pergelangan kaki bengkak saat hamil

Refleksi Kaki saat hamil

Bengkak pada pergelangan kaki disebabkan meningkatnya volume cairan dalam tubuh dan tekanan dari rahim. Ini disebabkan karena pertumbuhan janin memang dapat menyebabkan pembengkakan di beberapa bagian tubuh Anda.

Pembengkakan bisa terjadi pada wajah, tangan, dan kaki. Pembengkakan pada beberapa bagian tubuh adalah gejala yang normal dan tidak perlu dicemaskan selama masa kehamilan. 

Lain hal jika Anda merasakan pembengkakan disertai dengan gejala preeklampsia, seperti pembengkakan yang semakin parah secara dramatis terutama pada wajah dan bagian mata, pusing atau pandangan kabur, sakit kepala yang parah, kebingungan, dan sesak napas.

Ini adalah kondisi yang dapat berkembang selama kehamilan dan menyebabkan tekanan darah tinggi yang berbahaya. Jika kondisinya seperti demikian, penting untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.

Selama pembengkakan yang Anda alami merupakan gejala normal, lakukan beberapa cara sederhana ini, untuk mengatasi pergelangan kaki bengkak saat hamil.

1. Minum lebih banyak air

cara diet air putih

Kedengarannya memang agak kontradiktif, tetapi sebenarnya minum lebih banyak air berhasil mengatasi pembengkakan. Ibu hamil perlu minum sedikitnya 10 gelas air setiap hari untuk menjaga ginjal dan tubuh Anda terhidrasi dengan baik.

Bagi sebagian orang yang tidak kuat minum air tawar sebanyak itu, boleh saja dicampur dengan lemon, mint, atau unsur alami lainnya.

2. Kurangi Garam

Cara lain untuk mengatasi pergelangan kaki bengkak saat hamil adalah dengan membatasi asupan natrium (garam). Garam membuat tubuh menahan air ekstra.

Hindari makanan kaleng atau olahan, karena mengandung banyak sodium. Tak perlu lagi menyediakan garam meja pada makanan Anda. Anda bisa mengganti garam dengan penyedap lain seperti rosemary, thyme, dan oregano.

3. Tingkatkan asupan kalium

Kalium membantu menyeimbangkan jumlah cairan dalam tubuh. Kekurangan kalium dapat membuat pembengkakan bertambah buruk, karena vitamin prenatal harus mengandung beberapa kalium ekstra.

Penting untuk mengonsumsi sumber kalium makanan yang baik, seperti kentang, ubi jalar, pisang, bayam, kacang-kacangan, beberapa jus buah (delima, jeruk, wortel, dan markisa), yogurt, bit, dan ikan salmon.

4. Kurangi asupan kafein

Meskipun mengonsumsi kafein sesekali selama kehamilan tidak berbahaya, sebaiknya benar-benar dipastikan agar tidak terlalu berlebihan. Terlalu banyak asupan kafein juga bisa memperburuk pembengkakan.

Kebanyakan kafein dapat menyebabkan Anda buang air kecil, yang kemudian membuat tubuh Anda berpikir perlu menahan cairan. Namun, cara terbaik mengatasi pergelangan kaki bengkak saat hamil adalah dengan menghindari konsumsi kafein.

5. Ganjal kaki dengan bantal

Duduk maupun berdiri sepanjang waktu tidak bagus untuk sirkulasi darah. Cobalah untuk istirahat sebentar dan mengganjal kaki Anda dengan bantal. Hal ini dapat membantu mengurangi cairan yang terkumpul pada bagian kaki dan memperbaiki sirkulasi darah.

6. Kenakan pakaian longgar dan nyaman

Untuk mengatasi pergelangan kaki yang bengkak saat hamil, coba kenakan pakaian yang nyaman. Mengenakan pakaian ketat saat hamil, terutama di pergelangan tangan, pinggang, dan pergelangan kaki, bisa membuat pembengkakan bertambah parah.

Pada dasarnya, ini membuat sirkulasi darah terhambat. Maka itu, pakailah pakaian yang longgar, sehingga tak menghambat sirkulasi darah.

7. Berjalan kaki

Berjalan kaki 5 atau 10 menit beberapa kali sehari dapat membantu meningkatkan sirkulasi dan dapat mengurangi pembengkakan. Ini juga bisa menjadi istirahat yang baik di hari Anda, dan ini merupakan cara yang bagus untuk berolahraga yang aman bagi kehamilan. Sebab pada saat ini Anda tak perlu melakukan olah raga yang berat.

8. Pakai sepatu yang nyaman

pakai sepatu tanpa kaus kaki

Mengenakan sepatu yang nyaman merupakan salah satu cara mengatasi bengkak pada pergelangan kaki saat hamil. Saat usia kehamilan semakin mendekati persalinan, bukan saat yang tepat untuk mencoba beberapa koleksi sepatu hak tinggi Anda. Sepatu hak tinggi bisa meningkatkan risiko kesehatan bagi ibu hamil.

Pakai saja sepatu flat yang nyaman yang dapat mengurangi pembengkakan kaki. Menggunakan sepatu yang nyaman dapat mencegah masalah pinggul dan punggung karena pusat tumpuan Anda bergeser dan berat badan Anda bertambah. 

9. Berenang

Meskipun belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa tekanan air mengurangi pembengkakan selama kehamilan, tetapi banyak perempuan yang merasa terbebas dari pembengkakan saat mereka menghabiskan waktu di kolam renang.

Berenang maupun sekadar berendam dan jalan-jalan di kedalaman air hampir seleher membuat Anda merasa lebih ringan, lebih dingin, memperlanjar sirkulasi darah pada tubuh Anda.

10. Pijat

Anda bisa mengatasi bengkak pada pergelangan kaki saat hamil dengan pijatan ringan. Cara ini membantu mengedarkan cairan yang menumpuk pada bagian kaki sehingga dapat mengurangi pembengkakan.

Sebaiknya meminta pasangan memijat kaki Anda dengan lembut. Pemijatan ringan bisa dilakukan dengan tambahan minyak esensial peppermint atau lavender yang aromanya bisa membuat Anda lebih santai.

The post 10 Cara Mengatasi Pergelangan Kaki Bengkak saat Hamil appeared first on Hello Sehat.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of